Android KitKat: sistem operasi versi 4.4 mengambil nama dari permen coklat favorit, pengganti versi 4.1 Jelly Bean

Android-KitKatSistem operasi ponsel pintar (smartphone) Android versi 4.1 yang dikenal dengan nama Jelly Bean sudah diluncurkan sejak bulan Juli 2012. Sejak itu, satu tim kerja yang bertugas untuk mengembangkan sistem operasi Android menjadi ketagihan makan permen coklat dan menghabiskan berkotak-kotak KitKat, yang mana ini adalah sejenis wafer persegi panjang yang dilapisi dengan coklat. Karena begitu populernya permen coklat ini, akhirnya Google bersedia meminjam nama keren ini dari perusahaan coklat Hershey. Hari ini Google resmi mengumumkan bahwa sistem operasi versi 4.4 sebagai penerus versi-versi yang sudah ada di pasar sekarang ini akan dinamakan sebagai Android KitKat.

Sambil menantikan peluncuran sistem operasi Android KitKat, maka Google bermitra dengan Hershey dan menyelenggarakan berbagai macam kontes. Hershey akan menjual permen coklat dengan pembungkus khusus dengan gambar Android mulai tanggal 6 September. Setiap pembeli permen coklat KitKat yang beruntung akan menerima kupon hadiah sebuah Nexus tablet 7-inci atau kupon kredit yang dapat dipakai di toko app Google Play.

Pada kesempatan ini, tim kerja Android menyatakan bahwa sistem operasi untuk perangkat seluler ini sudah dipakai oleh lebih dari 1 milyar perangkat ponsel pintar dan tablet diseluruh dunia. Android versi 1.0 diluncurkan untuk umum pada bulan September 2008. Untuk membedakan setiap versi, Google mengambil nama makanan ringan, kue-kue, atau permen sebagai nama Android. Setiap nama diurut berdasarkan huruf abjad. Yang pertama versi 1.5 dinamakan Cupcake, diteruskan dengan nama sesuai huruf abjad seperti Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, dan Jelly Bean. Sebelumnya banyak pengamat teknologi berspekulasi bahwa setelah Jelly Bean, maka nama yang akan dipakai berikutnya adalah Key Lime Pie, ternyata pengumuman Google hari ini menyangkal semua rumor yang sudah ada selama satu tahun terakhir ini.

Android-KitKat-crisp-wafers

Sudah merupakan tradisi di Amerika setelah liburan musim panas selesai, yang bertepatan dengan perayaan Labor Day (hari buruh), maka akan terjadi berbagai gebrakan di dunia bisnis. Tepat pada hari istimewa pada tahun 2013 ini, tiga raksasa pembuat sistem operasi ponsel pintar serentak mengumumkan sesuatu yang sangat dahsyat. Pagi-pagi ketika semua warga Amerika masih sedang tidur nyenyak, Microsoft sebagai pembuat sistem operasi Windows Phone, mengambil alih perusahaan pembuat gadget di Eropa yaitu Nokia dengan nilai akuisisi yang mencapai $7,2 miliar dollar. Setelah bangun pagi, Apple sebagai pembuat sistem operasi iOS, mengirimkan undangan kepada pengamat, blogger, dan wartawan teknologi bahwa perusahaan gadget terbesar didunia ini akan memamerkan produk baru (seperti iPhone versi 5S dan C) pada tanggal 10 September (Selasa) jam 10:00 pagi. Setelah karyawan Google yang berlokasi di pantai barat Amerika masuk kantor sekitar jam 9:00 pagi waktu Pasifik, mesin pencari terbesar didunia mengumumkan sistem operasi terbaru yang dinamakan Android KitKat.

(Images: top right, Android KitKat; middle, Android KitKat with crisp wafers via Facebook)

Trackbacks

  1. […] dengan Android. Hanya satu hari setelah Google mengumumkan Android versi 4.4 yang diberi nama KitKat, perusahaan Korea Selatan Samsung memamerkan beberapa perangkat baru yang dijalankan dengan Android […]

  2. […] dengan sistem operasi Android versi 4.0 keatas, termasuk Ice Cream Sandwich, Jelly Bean dan KitKat. Sedangkan untuk perangkat iPhone, BBM hanya terbatas untuk ponsel yang dijalankan dengan sistem […]

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s