Advertisements

Pendapatan Apple pada kuartal Okt-Des ‘13 mencapai $57,6 billion, berhasil menjual 51 juta iPhone dan 26 juta iPad

Setelah lonceng berbunyi sebagai tanda penutupan pasar saham Wall Street pada hari Senin siang (27 Januari 2014), perusahaan perangkat seluler terbesar didunia Apple mengumumkan hasil keuangan tahun fiskal kuartal pertama tahun 2014 (laporan untuk bulan Oktober-Desember 2013). Apple berhasil meraih pendapatan sejumlah $57,6 billion dollar, dibandingkan dengan kuartal yang sama satu tahun sebelumnya pendapatan total hanya $54,5 billion dollar (atau pendapatan naik $3,1 billion). Sedangkan dalam segi laba bersih, Apple mengantongi $13,1 billion dollar, dimana jumlah ini persis sama dengan keuntungan pada kuartal satu tahun sebelumnya.

Perusahaan perangkat seluler berbasis di Silicon Valley ini berhasil memecahkan dua rekor penjualan pada kuartal Oktober-Desember 2013. Pertama, berhasil menjual 51 juta iPhone ponsel pintar, dibandingkan dengan 47,8 juta pada kuartal yang sama satu tahun lalu. Kedua, Apple menjual 26 juta iPad tablet pada kuartal Oktober-Desember 2013, dibandingkan hanya 22,9 juta iPad pada kuartal yang sama satu tahun sebelumnya .

Pada kesempatan laporan keuangan ini, CEO Tim Cook berjanji untuk menciptakan perangkat seluler dan perangkat lunak pendukung yang lebih canggih, supaya membuat pengalaman menggunakan produk buatan Apple semakin menyenangkan.

Kalau kuartal Oktober-Desember 2013 Apple tertolong oleh pelanggan yang berduyun-duyun membeli gadget sebagai hadiah Natal dan Tahun Baru, maka untuk kuartal Januari-Maret 2014 Apple memperkirakan pendapatan pada kuartal ini tidak sehebat dibandingkan kuartal lalu. Pendapatan pada kuartal Januari-Maret 2014 diperkirakan hanya mencapai sekitar $42 billion sampai $44 billion.

Apple-iPhone-5S-5C-iPad-Air-Mini

(Images: bottom, iPhone 5S, iPhone 5C, iPad Air, iPad Mini, via Apple website)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s