Advertisements

Google Domains: layanan pendaftaran nama domain untuk menunjang usaha kecil memulai kehadiran online lewat situs web

Tim peneliti Google menyatakan bahwa masih ada 55% usaha kecil yang masih belum memiliki situs website. Padahal kehadiran online merupakan salah satu tugas terpenting bagi pemilik usaha kecil, supaya calon pembeli dapat menemukan informasi tentang bisnis yang disediakan.

Untuk membantu usaha kecil membangun fondasi situs website, Google memutuskan untuk menyediakan layanan pendaftaran nama domain. Keunggulan Google Domains terletak pada DNS servers yang tersebar di seluruh dunia, sehingga memberikan kecepatan respon maksimal bagi pengunjung yang datang ke situs website.

Selain menyediakan pendaftaran, pengguna juga boleh memindahkan domain dari perusahaan pendaftar lain (misalnya, GoDaddy). Keistimewaan Google Domains termasuk membantu pemilik domain menjual hak nama mereka. Demikian pula membantu pemilik domain untuk menutupi nama pendaftar sesungguhnya, tanpa dikenakan biaya ekstra.

Google Domains menjalin kemitraan dengan beberapa penyedia perangkat lunak berbasis cloud, untuk memudahkan pemilik usaha kecil membangun situs web dan toko online, seperti Shopify, Squarespace, Weebly, dan Wix.com. Sedangkan untuk keperluan alamat email dan membagi situs website berdasarkan divisi di dalam perusahaan, pemilik domain dapat membuat 100 alamat email dan 100 sub-domain.

Saat ini Google Domains sudah membuka kesempatan kepada khalayak ramai untuk melakukan uji-coba. Peminat dapat mendaftar untuk meminta kode undangan melalui situs Google Domains. Sayangnya, Google menyatakan hanya sebagian kecil peminat yang akan menerima undangan khusus.

Google-Domains

(Image: bottom, Google Domains homepage)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s