Fleetzen: memindahkan barang berukuran besar, mengandalkan pengemudi independen yang memiliki truk pickup, SUV besar

fleetzen-oversized-boxKita seringkali menghadapi kesulitan memindahkan sofa besar yang baru di beli di toko furniture atau membawa pulang piano bekas yang dimenangkan di tempat lelang. Sedangkan untuk menyewa truk pickup di tempat penyewaan sangat tidak efisien. Ini karena kita harus membayar ongkos sewa harian yang mahal, harus mahir menyetir truk di jalan raya, mengambil dan mengembalikan mobil dari tempat yang sama, dan harus memiliki kelengkapan asuransi mobil.

Fleetzen mengembangkan inovasi teknologi aplikasi ponsel pintar. Startup ini bertujuan menghubungkan pengguna ponsel yang sedang memindahkan barang ukuran besar dengan pemilik truk pickup, mobil van, atau mobil jenis SUV besar. Aplikasi ponsel sudah tersedia untuk perangkat iOS dan Android.

Fleetzen membangun platform logistik dengan sasaran pasar kalangan bisnis yang tidak memiliki armada truk untuk pengiriman barang ukuran besar. Sasaran pasar lainnya termasuk perorangan yang membutuhkan bantuan tenaga memuat dan membongkar barang.

Dengan mengandalkan aplikasi ponsel, setiap pengguna dapat menjadwalkan pengemudi truk setiap waktu. Pengguna menyebutkan lokasi memuat barang dan lokasi membongkar barang, dan menyertakan sebuah gambar foto barang. Aplikasi ini memberitahu perkiraan total ongkos ketika memesan layanan. Fleetzen menyediakan daftar lokasi pengemudi di suatu kota. Dengan mengandalkan alat pelacak, maka aplikasi Fleetzen dapat menghubungkan penyewa dengan pengemudi truk yang dekat dengan lokasi untuk memuat barang. Penyewa dapat melacak rute perjalanan, sewaktu-waktu dapat berbicara dan kirim teks chat dengan pengemudi. Tanpa harus kwatir lagi, maka semua barang dimuat dan dikirim ke rumah penyewa.

fleetzen-app

Untuk memenuhi persyaratan sebagai pemindah barang yang berkualitas, Fleetzen menyeleksi pengemudi independen. Setiap pengemudi disaring berdasarkan kelakukan baik dan juga sebagai pengemudi yang handal.

Supaya dapat bersaing di pasar, Fleetzen menawarkan layanan ongkos sewa truk dan tenaga pemindah yang relatif lebih murah dari penyedia lain. Setiap transaksi dikenakan biaya administrasi $10. Sedangkan bayaran sekali pakai akan dikenakan ongkos minimal $25. Biaya sewa truk pickup $1 per satu mil. Untuk tenaga supir sekaligus bertugas sebagai tenaga pemindah akan dikenakan ongkos $0,67 per menit.

Fleetzen didirikan menjelang akhir tahun 2014 dan berbasis di kota Seattle. Sampai hari ini belum mengumumkan pendanaan untuk modal kerja. Pendiri perusahaan startup ini adalah dua insinyur yang pernah bekerja di perusahaan perangkat lunak Microsoft.

(Images: top right, Fleetzen oversized box via Facebook; middle, Fleetzen iOS app)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s