Advertisements

Facebook M: asisten pribadi dalam platform Messenger untuk menjawab pertanyaan, dengan mengandalkan kecerdasan buatan

Facebook-M-logoBeberapa perusahaan teknologi terkemuka terus bersaing ketat untuk meluncurkan inovasi alat digital yang berfungsi sebagai asisten pribadi. Saat ini sudah tersedia berbagai aplikasi canggih yang dipasarkan untuk konsumen ponsel pintar dan tablet. Perangkat buatan Apple dilengkapi Siri, peralatan music dari Amazon memakai Alexa, raksasa perangkat lunak Microsoft meluncurkan Cortana, dan raksasa mesin pencari menonjolkan Google Now.

Hari Rabu ini (Agustus 26) giliran raksasa jaringan sosial Facebook meluncurkan asisten pribadi yang dinamakan M. Asisten pribadi ini sudah terintegrasi di dalam aplikasi pesan Messenger. Tugas utama alat ini untuk menjawab pertanyaan. M mengandalkan inovasi kecerdasan buatan.

Konsumen dapat bertanya dengan suara, kemudian M akan menjawab. Contoh pertanyaan “di mana lokasi terbaik untuk bersepeda di pantai dekat kota Los Angeles” atau, “dimana ada taman yang dibangun khusus untuk anjing dekat suatu perumahan?”

Asisten pribadi Facebook memiliki beberapa keunggulan daripada alat yang dibuat oleh perusahaan lainnya. M memudahkan pengguna menemukan barang (misalnya, kado) sekaligus membelinya, dan kemudian membuat jadwal mengantarkannya kepada orang yang akan diberi hadiah. Demikian pula, M bisa menemukan restoran favorite dan memesan tempat duduk di restoran terdekat.

Facebook menyatakan bahwa M akan dibangun secara tahap-demi-tahap. Kehadiran M bagi pengguna, akan meringankan tugas sehari-hari dan sekaligus meningkatkan esktra waktu untuk mengerjakan berbagai aktivitas lainnya.

(Image: top right, Facebook M logo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s