Advertisements

65 persen orang dewasa di Amerika adalah pengguna media sosial: Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest dan lainnya

Orang dewasa di Amerika semakin sering menggunakan jaringan sosial. Organisasi riset terkemuka Pew Research Center menemukan dua-pertiga orang dewasa yang tinggal di negara adikuasa ini adalah pengguna media sosial, termasuk Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, dan jaringan sosial lainnya.

Pew sudah mengumpulkan data dari survei sejak tahun 2005. Menginjak tahun 2015 ini, pengguna media sosial mengalami pertumbuhan sepuluh kali lipat dalam kurun waktu sepuluh tahun. Menurut Pew, hanya ada 7 persen orang di Amerika yang menggunakan jaringan sosial pada tahun 2005. Tapi sekarang sudah tumbuh menjadi 65 persen pada tahun 2015.

Social-Networking-Use-Pew-Research-Center-2005-2015

Ketika Facebook didirikan pada tahun 2004, hanya kalangan mahasiswa di perguruan tinggi terkemuka yang diperbolehkan memakai jaringan sosial terbesar ini. Tidak heran setelah dibuka untuk umum pada tahun 2006, maka pertumbuhan pengguna Facebook semakin pesat dan sudah mencapai 1,49 miliar pengguna dari seluruh dunia pada akhir bulan Juni 2015.

Orang dewasa muda usia 18-29 tahun merupakan pengguna berat jaringan sosial. Ketika data baru pertama kali dikumpulkan pada tahun 2005, hanya ada 12 persen pengguna dari kelompok umur ini. Sekarang pada tahun 2015, pengguna dari kalangan orang dewasa muda sudah mencapai 90 persen.

Sementara pengguna dari kalangan usia lanjut di atas 65 tahun juga melonjak drastis. Hanya ada 2 persen pengguna kelompok umur ini pada tahun 2005, tapi sekarang sudah mencapai 35 persen.

Kalau dulu pengguna masih ragu-ragu menutupi privasi mereka, tapi sekarang pertumbuhan jaringan sosial membuktikan bahwa orang Amerika sudah tidak terlalu kuatir berbagi informasi pribadi, catatan, foto, video, kepada orang lain. Malah semakin banyak orang, terutama kalangan selebriti, memanfaatkan jaringan sosial untuk memajukan karir mereka.

(Image: middle center, Social Networking Use, 2005-2015, Pew Research Center)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s