Advertisements

Untuk membantu pengguna menjaga keamanan perangkat komputer mereka dari serangan virus dan malware, Facebook menawarkan secara gratis dua produk anti-virus untuk semua pengguna, McAfee Scan/Repair dan Microsoft Security Essentials

Pengguna Facebook seringkali secara tidak sadar membiarkan perangkat lunak berbahaya (atau dikenal dengan bahasa komputer sebagai “malware”) diinstal pada perangkat komputer mereka di rumah maupun di kantor ketika mengunjungi situs-situs yang menawarkan hadiah dan umpan-umpan yang menarik untuk di klik. Malware sangat mengganggu operasi perangkat komputer supaya bisa berjalan secara normal seperti baru dibeli dari toko. Kebanyakan malware mengumpulkan informasi pribadi pengguna (daftar alamat email, daftar password, daftar bank akun, dll) dan juga seringkali mengakses ke sistem perangkat untuk menciptakan serangan virus ke mesin itu sendiri dan menyerang komputer orang lain.

Untuk memberantas virus and malware, Facebook bekerja sama dengan dua raksasa perangkat lunak dan menawarkan secara gratis dua produk anti-virus dan anti-malware untuk semua pengguna, McAfee dan Microsoft. McAfee yang merupakan anak perusahaan Intel si pembuat microprocessors, sudah lama dikenal sebagai penyedia perangkat lunak dan produk anti-virus. Sedangkan Microsoft adalah penanam modal di jaringan sosial ini sejak awal berdirinya perusahaan ini dan juga menjalin kemitraan melalui mesin pencari Bing. Kemitraan antara ketiga perusahaan ini sangat solid dan bisa membantu pengguna menjaga keamanan perangkat komputer mereka.

Pilihan pertama, pengguna boleh mendownload McAfee ke komputer yang menjalankan sistem operasi Windows. Setelah memasukkan informasi Facebook akun login dan password, McAfee akan mendeteksi komputer pengguna. Selama operasi McAfee dijalankan, ini tidak mengganggu perangkat anti-virus lainnya. Setelah melakukan scan satu kali, McAfee akan memberikan tanda kepada pengguna supaya memilih menghilangkan malware secara otomatis atau di klik satu per satu.

Pilihan kedua adalah Microsoft Security Essentials yang merupakan inovasi baru dari raksasa perangkat lunak. Produk ini merupakan perangkat lunak yang dirancang khusus untuk anti-virus dan juga diberikan secara cuma-cuma bagi pemakai komputer yang dijalankan oleh sistem operasi Windows. Pengguna boleh mendownload dan terus menginstall ke mesin mereka. Dengan perangkat lunak anti-virus ini, komputer pengguna selalu di update dengan rilis terbaru secara otomatis dan terus melindungi sistem dari virus.

(Images: top, Facebook Security logo; middle McAfee logo; bottom, Facebook Security wall)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s