ChorePay: aplikasi yang menawarkan cara mudah bagi orang tua untuk mengelola tugas-tugas rumah tangga, dari menetapkan tugas kepada anak-anak sampai memberikan imbalan setelah menyelesaikan tugas

Ada beraneka ragam pekerjaan rumah tangga termasuk mencuci baju, membersihkan rumah dan kamar mandi, menjaga anak kecil, membuang sampah, dan lain sebagainya. Orang tua seringkali menetapkan tugas-tugas kepada anak-anaknya untuk melakukan pekerjaan rumah tangga setiap hari maupun setiap minggu, apalagi di dunia barat termasuk di Amerika. Lain halnya dengan Indonesia, masih banyak rumah tangga yang mengkaryakan pembantu rumah tangga yang mana anak-anak tidak terlalu aktif mengurus pekerjaan rumah tangga. Salah satu kesulitan orang tua untuk memonitor anak-anak yang sudah diberi tugas adalah anak-anak seringkali lupa dan lalai mengerjakan tugas yang sudah dijadwalkan oleh orang tua mereka. Untuk anak-anak yang baru menginjak remaja, kebanyakan mereka ingin sekali melakukan pekerjaan rumah tangga dengan harapan mendapatkan imbalan pendapatan dalam bentuk uang tunai yang bisa di pakai untuk keperluan belanja barang, di simpan di tabungan, ataupun didonasikan untuk amal.

Satu tahun yang lalu berdirilah perusahaan startup ChorePay yang diprakarsai oleh Jeremy Jacola seorang lulusan Western Washington University. Startup yang berbasis di kota Seattle dengan 11 orang pegawai ini menawarkan solusi dalam bentuk platform dan aplikasi untuk membantu orang tua mengatur proses tugas rumah tangga secara keseluruhan, dari menetapkan tugas kepada anak-anak sampai memberikan imbalan setelah menyelesaikan tugas. Kehadiran ChorePay sangat membantu orang tua yang jarang berada di sekitar rumah, terutama bagi orang tua yang ingin menghindari rumahnya menjadi berantakan akibat anak-anak mereka tidak pernah disiplin. Menyuruh anak melakukan pekerjaan rumah secara rutin sering sulit untuk dilakukan, maka ChorePay bisa dipakai sebagai alat insentif untuk memotivasi anak-anak yang menginjak usia remaja untuk bersemangat dalam hal menyelesaikan pekerjaan mereka sampai lengkap dan menerima upah. ChorePay menciptakan aplikasi yang bisa dijalankan oleh sistem operasi Apple iOS dan Google Android.

ChorePay boleh dibilang sebagai komunitas dalam lingkungan keluarga. ChorePay menyediakan alat untuk pelacakan setiap tugas dan juga menyediakan sistem kompensasi sehingga bisa dipakai untuk mengatur keuangan keluarga dalam hal pembayaran jasa. Imbalan dalam bentuk uang boleh dipakai oleh seorang anak untuk belanja barang atau didonasikan untuk amal. Jadi jelas ChorePay juga bermaksud untuk menerapkan metode disiplin sambil menanamkan hasrat untuk beramal pada usia muda.

Sebagai pelengkap ChorePay juga menciptakan sebuah wadah semacam forum untuk tukar-menukar pengalaman mengatur rumah tangga yang mudah dimengerti dan cukup lengkap. Pengguna boleh berbagi ide-ide, pengalaman mengatur rumah tangga berdasarkan tugas, pembagian tugas-tugas sesuai usia anak-anak, dan berbagi tips untuk membantu sesama anggota di komunitas. Yang seringkali ditanyakan di wadah ini misalnya, berapa standar uang saku rata-rata, pekerjaan rumah yang layak untuk usia tertentu, dan lain sebagainya. ChorePay juga mengingatkan para pengguna bahwa setiap keluarga memiliki metode yang unik dalam hal tunjangan antara satu anak dalam satu keluarga dibandingkan anak yang usianya sama di keluarga yang lain.

(Image: left, ChorePay logo; middle, metode; top right, iPhone screenshot)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s