Advertisements

Tren pasar telepon pintar (smartphone) pada kuartal kedua tahun 2012: permintaan global terus menanjak dengan pertumbuhan pasar 42,1% dari tahun-ke-tahun, Samsung dan Apple menguasai hampir 50% pasar dunia

Tren pasar menunjukkan bahwa semakin banyak pengguna ponsel beralih ke telepon pintar (smartphone). Pasar telepon pintar secara global mengalami pertumbuhan sebesar 42,1% dari tahun-ke-tahun pada kuartal kedua tahun 2012. Menurut lembaga peneliti dan pendulang data, International Data Corporation (IDC) Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker, pabrik ponsel sudah mengirimkan sekitar 153.9 juta unit smartphone pada kuartal kedua tahun 2012. Dibandingkan satu tahun sebelumnya, hanya 108.3 juta unit yang dikirim pada kuartal kedua tahun 2011. Ini terjadi kenaikkan sebanyak 45.6 juta unit dalam kurun waktu 12 bulan terakhir.

Tren terbaru menunjukkan bahwa hanya sisa dua pemain besar di arena telepon pintar hari ini, Samsung dan Apple. Kedua perusahaan ini mencaplok hampir 50% pasar smartphone di dunia pada kuartal kedua tahun 2012. Samsung berbasis di Korea Selatan yang dikenal sebagai pembuat produk dan model dengan nama Galaxy. Sedangkan Apple berbasis di Silicon Valley, Amerika Serikat, yang dikenal sebagai pembuat iPhone.

Dalam hal pemasaran produk, Samsung strategi berbeda dengan Apple. Samsung mengandalkan beberapa produk untuk menargetkan segmen pasar yang luas, mulai dengan model Samsung Galaxy S II dan S III, sampai telepon berlayar lebar Galaxy Note atau juga dikenal sebagai “Phablet” (phone + tablet). Phablet Galaxy Note yang diperkenalkan menjelang akhir tahun 2011 dengan tambahan sebuah pena stylus sangat laku di benua Asia terutama untuk pengguna yang menulis huruf kanji (China, Jepang, Korea) dan huruf arab (Timur Tengah). Dengan bantuan sistem operasi Google Android, perusahaan Korea Selatan ini juga terus merilis model baru. Samsung berhasil mengirim 50,2 juta unit telepon pintar pada kuartal kedua 2012, dibandingkan hanya 18,4 juta unit pada kuartal yang sama satu tahun sebelumnya. Ini terjadi peningkatan sebanyak 172,8% dari tahun-ke-tahun. Samsung berhasil meraup 32,6% pangsa pasar ponsel pintar di seluruh dunia pada kuartal kedua 2012, dibandingkan pangsa 17,0% satu tahun yang lalu.

Walaupun Apple masih memberi kesempatan kepada mobile operator untuk tetap menjual beberapa model lama seperti versi 3GS dan 4 dengan harga diskon, akan tetapi jadwal rilis Apple lebih lambat daripada saingannya. Setelah ditunggu-tunggu oleh calon pembeli akhir tahun 2011, Apple hanya memperkenalkan versi upgrade iPhone 4 yang dinamakan 4S (“S” artinya Siri) pada Oktober 2011. Banyak calon pembeli kecewa dan tidak jadi membeli telepon buatan Apple dan beralih ke telepon genggam yang dijalankan dengan sistem operasi Android. Apple berharap generasi berikutnya yang dinamakan “New iPhone” (iPhone Baru) akan bisa menarik kembali minat pembeli telepon pintar. iPhone Baru akan dirilis awal bulan Oktober 2012. Pada kuartal kedua 2012, Apple mengirim 26,0 juta unit smartphone, dibandingkan 20,4 juta unit pada kuartal yang sama satu tahun sebelumnya. Ini terjadi peningkatan 27,5% dari tahun-ke-tahun. Kalau dilihat dari skala pasar global, Apple mengalami kemerosotan untuk meraih pangsa pasar yang lebih besar pada kuartal kedua 2012 lalu. Apple hanya mengambil 16,9% pangsa pasar smartphone secara global pada kuartal kedua 2012, dibandingkan dengan pangsa sebanyak 18,8% pada kuartal yang sama satu tahun sebelumnya.

(Table: IDC)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s