Advertisements

Majalah Vogue Inggris edisi Desember menyebut wanita karir terkemuka Silicon Valley sebagai istri dan pacar (SWAGs)

Vogue-British-logoMenjelang akhir minggu ini, banyak penulis teknologi di Amerika mengecam tindakan majalah fashion terkemuka Vogue yang dipublikasikan di negara Inggris untuk edisi Desember 2013. Dalam sebuah artikel berjudul “High Tech Heroines: The Silicon Valley wives and girlfriends” atau disingkat SWAGs, majalah ini seolah-olah mengejek para wanita karir terkemuka di Silicon Valley seperti Marissa Mayer (CEO Yahoo) sebagai istri atau pacar dari pendiri/CEO perusahaan raksasa teknologi.

Padahal para wanita yang disebut-sebut oleh majalah Vogue tsb terkenal karena karir mereka dan sudah mengenyam pendidikan dari perguruan tinggi terkenal. Hampir semua wanita karir di Silicon Valley dikenal publik bukan karena karir suami. Marissa Mayer sudah menikah dengan gelar insinyur dan master dari Stanford. Demikian pula Sheryl Sandberg (COO Facebook dan tangan kanan Mark Zuckerberg) adalah lulusan S-1 dan MBA dari Harvard dan juga pengarang buku terlaris. Terus terang orang awam tidak mudah mengingat nama suami mereka kalau tidak melakukan pencarian ke mesin pencari Google.

Dulu hanya wanita di Hollywood atau di Wall Street yang menjadi sorotan media massa, tetapi beberapa tahun terakhir ini perekonomian Amerika semakin tergantung dengan inovasi teknologi di kawasan Silicon Valley. Ini menyebabkan orang-orang yang berkecimpung di dunia teknologi dan berbasis di Silicon Valley menjadi yang paling berpengaruh secara sosial di Amerika hari ini.

Penggunaan istilah SWAGs juga termasuk mencemooh dan tidak memiliki nilai harga yang berarti. Kata “swag” sering dipakai di pameran perdagangan, dimana para peserta pameran membagi-bagikan cinderamata kepada pengunjung, seperti t-shirt, mug untuk minum kopi, gantungan kunci, stiker, tas, dan lain sebagainya. Sedangkan penggunaan istilah SWAGs hampir mirip dengan istilah WAGs (tanpa huruf “S” didepan) yang memberi arti bahwa para wanita karir seolah-olah seperti istri dan pacar para pemain sepak bola. Contohnya, pacar pemain sepakbola Cristiano Ronaldo dari klub Real Madrid bernama Irina Shayk, dimana dia hanya berpusat pada penampilan sebagai foto model.

Vogue-british-Dec-2013-CoverSelanjutnya majalah Vogue yang dipublikasikan di negara Inggris mengejek wanita karir terkemuka Silicon Valley, karena mereka selalu membeli pakaian fashion yang mahal-mahal dan menghabiskan waktu dengan teman-teman di bar dengan minuman keras. Malah majalah Vogue menyatakan bahwa wanita Silicon Valley hanya mengukur jalan setiap hari dengan mobil mewah merek Ferrari.

Penulisan artikel di majalah Vogue terasa kurang bijaksana. Ini dikarenakan wanita karir terkemuka Silicon Valley memiliki otak encer, pekerja ulet, dan memang pantas mengenakan pakaian bermerek fashion terkemuka karena mereka memang sangat kaya dan mampu. Contohnya, Marissa Mayer dan Sheryl Sandberg, keduanya adalah mantan karyawan Google yang menerima saham perusahaan yang bernilai jutaan dollar sebelum menjadi pemimpin di perusahaan Yahoo dan Facebook.

(Images: top right, Vogue British logo; middle left, cover of Vogue British, December 2013)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s