Advertisements

QuizUp: aplikasi game gratis menduduki posisi puncak di App Store, menantang teman menjawab kuis dari berbagai topik

App-Annie-iOS-Top-Charts-November-18-2013-USA

Ide menciptakan aplikasi permainan kuis bukanlah sesuatu yang baru. Tapi ada satu aplikasi game gratis yang dibangun untuk membuat pemain menjadi kecanduan yang dinamakan QuizUp. Menurut App Annie, aplikasi ini menduduki posisi puncak di toko Apple App Store di Amerika minggu ini (November 18, 2013). Aplikasi untuk perangkat iOS versi 1.0.2 diperbarui pada tanggal 7 November dan membutuhkan kapasitas 31.2 MB. Dalam waktu satu minggu sejak diperbarui, aplikasi ini sudah berhasil meraup lebih dari satu juta pengguna, dan hebatnya pengguna terus menerus men-download aplikasi ini.

QuizUp memiliki perpustakaan berisi 150.000 pertanyaan dan dibagi atas sekitar 250 topik yang berbeda. Topik terkemuka seperti siaran TV (pertunjukan di televisi dari masa lampau dan hari ini), buku (nama buku dan pengarang terlaris), daftar film (bertema horror, komedi, nama aktor, sutradara), olahraga (sepakbola ala Amerika, baseball, bola basket, sepakbola), dan games (video game, komputer game, console), dan lain sebagainya.

Sudah lebih dari 4 ribu pengguna yang memberikan ulasan di Apple App Store. Ulasan-ulasan tsb menunjukkan bahwa aplikasi ini hampir menerima 5 bintang dari total 5 bintang. Banyak pengguna yang memuji desain modern yang ramping dan bersih. Demikian pula pengguna memuji antarmuka (user-interface) karena setiap game memiliki tampilan khusus dengan animasi. Ini memberi kesan bahwa aplikasi game ini lebih modern dan tidak serupa dengan game lama yang sudah ada di pasar.

Pengguna QuizUp boleh mengundang teman lewat ponsel dan menantang mereka bermain kuis dari jarak jauh. Setiap pertanyaan harus di jawab dengan cepat. Supaya bisa menang maka pengguna benar-benar harus konsentrasi ketika memberi jawaban. Setelah menjawab 10 pertanyaan, pengguna akan diperbolehkan naik tingkat berikutnya. Hal ini membuat setiap permain menjadi kecanduan untuk menantang lawannya supaya naik tingkat, karena pemain yang menunjukkan kinerja dengan angka tertinggi akan di pasang di papan skor yang menggunakan grafik yang cantik.

QuizUp merupakan game yang diciptakan oleh satu kelompok pengembang games dengan 90 persen karyawan masih berada di kantor pusat di kota Reykjavík di negara Islandia dan sebagian karyawan berada di kantor cabang di San Francisco. Perusahaan ini berada di bawah naungan Plain Vanilla. Menurut techcrunch.com, bulan April 2013 lalu startup ini sudah menerima pendanaan putaran pertama (Seri A) sekitar $2,5 juta dollar dari Greycroft Partners, Tencent, BOLDStart Ventures, dan IDG Ventures. Bersama-sama dengan pendanaan awal yang berasal dari beberapa investor, startup ini diperkirakan sudah menerima modal sekitar $3,7 juta dollar sejak didirikan pada bulan Oktober 2010.

QuizUp-homepage-screenshot

(Images: top, App Annie iOS Top Charts for the week of November 18, 2013; bottom, QuizUp iOS app via homepage)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s