Advertisements

Pendapatan toko Apple App Store menembus $10 miliar dollar pada tahun 2013, lebih dari $1 miliar pada bulan Desember

Apple-App-Store-logoPerusahaan raksasa Apple menyatakan bahwa total penjualan aplikasi untuk perangkat seluler (ponsel pintar dan tablet) pada tahun 2013 merupakan yang paling sukses dalam sejarah toko App Store, dimana pemasukan untuk toko aplikasi iOS menembus $10 miliar dalam satu tahun.

Toko App Store pertama kali diluncurkan pada bulan Juli 2008. Malah dua tahun pertama sejak dibuka untuk umum, toko aplikasi hanya mampu mengumpulkan sekitar $3,6 miliar dollar.

Penjualan aplikasi iOS terbesar terjadi pada bulan Desember dengan omzet melampaui $1 miliar dollar. Pelanggan toko App Store men-download sekitar tiga miliar aplikasi iOS pada bulan Desember. Naiknya angka penjualan aplikasi didukung oleh peluncuran iPhone 5S dan 5C pada akhir bulan September, juga peluncuran generasi baru tablet yang dinamakan iPad Air dan iPad Mini pada awal bulan November.

Yang sangat beruntung dengan kesuksesan Apple adalah para pengembang aplikasi iOS. Pada siaran pers ini, Apple menyatakan bahwa para pengembang di seluruh dunia sudah menerima $15 miliar dollar dari App Store.

Saingan seperti Amazon, Google, dan Microsoft, terus berusaha mengejar ketinggalan. Kayaknya posisi perusahaan Apple sebagai pemimpin penjualan aplikasi terbesar di dunia semakin sulit dilampaui dalam waktu dekat.

(Image: top right, Apple App Store logo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s