Advertisements

BitLit: aplikasi untuk menemukan e-book dari buku cetak yang sudah dimiliki, menawarkan e-book gratis atau murah

BitLit-iOs-screenPenggunaan perangkat elektronik untuk membaca semakin meningkat di seluruh dunia. Baik melalui perangkat tablet Apple iPad ataupun melalui alat elektronik untuk membaca seperti Amazon Kindle, Barnes Noble Nook, dan lain sebagainya. Akan tetapi sebagian besar pembaca masih menyimpan buku-buku cetak dari jaman sekolah di rumah. Buku ukuran besar dan tebal yang jumlahnya sangat banyak, dan berat sekali.

BitLit berpikir bahwa pemilik buku cetak berpotensi untuk mendapatkan salinan buku yang sama dalam bentuk e-book. BitLit menjanjikan sebagian e-book diberikan dengan cuma-cuma atau dengan harga diskon. Untuk itu, BitLit menjalin kemitraan dengan penerbit sehingga mudah menawarkan e-book dengan harga murah. Bahkan omzet penjualan semakin meningkat ketika BitLit membantu perusahaan penerbit untuk menggabungkan penjualan dalam bentuk e-book dan buku cetak sekaligus.

BitLit bertujuan menyediakan e-book dalam bentuk digital ketika pembaca sedang bepergian sehingga tidak perlu menenteng tas berisi buku tebal dan berat. Demikian pula membantu pembaca terus menikmati kenyamanan sebuah buku cetak di rumah.

Bisnis model ini rupanya berjalan dengan mulus. BitLit bekerja sama dengan 85 penerbit terkemuka, seperti O’Reilly, Other Press, ECW Press, Osprey Group, Greystone Books, dan Berrett-Koehler. BitLit berhasil menyajikan katalog berisi 10.000 buku yang tersedia dalam dua bentuk, e-book dan buku cetak. BitLit menyatakan bahwa 30 persen e-book diberikan secara gratis, asalkan sudah memiliki buku cetak, atau pembaca membeli buku cetak dan langsung otomatis menerima e-book.

BitLit didirikan pada bulan Desember 2012 di kota Vancouver, Kanada. Aplikasi BitLit dapat di-download melalui toko Apple Store dan Google Play. Layanan ini hanya tersedia di Amerika, Kanada dan Inggris.

Minggu ini BitLit mengumumkan penerimaan pendanaan putaran awal yang belum disebutkan jumlahnya. Pendukung modal awal adalah perusahaan investasi Three Angels Capital yang didirikan oleh Michael Serbinis, pendiri alat membaca elektronik merek Kobo.

BitLit-homepage

(Images: top right, BitLit iOS app; bottom, BitLit homepage)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s