Advertisements

Swift: Apple meluncurkan bahasa pemrograman baru sebagai penyambung system operasi OS X dan iOS, di WWDC 2014

wwdc-2014Konferensi tahunan perusahaan gadget terbesar didunia Apple WWDC 2014 masih sedang berlangsung di kota San Francisco. Pada kesempatan ini CEO Tim Cook membeberkan bahwa Apple berhasil menjual 800 juta unit perangkat yang dijalankan dengan iOS sejak iPhone pertama kali diluncurkan tahun 2007. Setelah CEO memberitahu tentang hasil penjualan gadget dan aplikasi, daftar acara yang ditunggu-tunggu adalah rencana peluncuran system operasi iOS 8 dan perkembangan App Store. Kemudian giliran eksekutif yang mengepalai divisi perangkat lunak Craig Federighi menunjukkan sebuah bahasa pemrograman baru yang dapat dipakai sebagai penyambung untuk semua perangkat yang dijalankan dengan system operasi OS X dan iOS.

Bahasa program terbaru ini dinamakan Swift. Ini merupakan bahasa komputer modern, cepat, dan dirancang dengan pemikiran terhadap keamanan. Swift adalah penerus bahasa komputer Objective-C, dimana bahasa ini sudah digunakan 20 tahun terakhir ini untuk membangun aplikasi yang dapat dijalankan dengan Mac dan iOS. Swift menyediakan dukungan untuk Cocoa dan Cocoa Touch. Hal ini memungkinkan pengembang membangun aplikasi yang sekaligus dapat di-install di perangkat iPad dan iPhone.

Keunggulan Swift termasuk menggunakan LLVM compiler, sehingga pengembang yang sudah paham dengan Objective-C dapat menggunakan dengan mudah. Swift menyajikan sejumlah perbaikan daripada bahasa komputer lama.

Swift juga menyediakan fitur baru yang dinamakan Playgrounds. Taman bermain ini merupakan tempat uji-coba terhadap semua coding yang sudah ditulis kedalam aplikasi. Pengembang memakai Playgrounds seolah-olah aplikasi sudah ditangan khalayak umum, sehingga menerima umpan balik dari mereka untuk perbaikan.

Bagi yang berminat, bahasa komputer Swift sudah boleh diakses oleh para pengembang mulai hari ini. Selanjutnya, ketika iOS 8 dan OS X Yosemite diluncurkan menjelang akhir musim panas 2014 ini, pengembang boleh mengajukan ijin supaya aplikasi yang terbuat dari Swift di pajang di toko Apple App Store.

(Image: top right, Apple WWDC 2014 logo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s