Advertisements

Thread Group: menghubungkan ratusan perangkat di rumah ke cloud, menggunakan protokol Internet dan jaringan nirkabel

Thread-GroupUpaya untuk memicu perkembangan inovasi teknologi perangkat di rumah dan di kantor yang selalu terhubung ke Internet atau dikenal dengan istilah “Internet of Things” semakin bergairah sejak awal tahun 2014. Hari ini ada tujuh perusahaan terkemuka di dunia bergabung dan mengumumkan terbentuknya Thread Group atau cukup disingkat sebagai Thread. Pendukung awal terdiri atas pabrik kunci rumah, pabrik ponsel pintar, pabrik peralatan elektronik rumah (alat pendeteksi asap dan gas beracun, pengatur suhu kamar, kamera keamanan), dan pabrik komputer microprocessor. Daftar perusahaan termasuk Yale Security, Silicon Labs, Samsung Electronics, Google Nest Labs, Freescale Semiconductor, Big Ass Fans dan ARM.

Secara garis besar tujuan Thread Group supaya semua produk dari berbagai merek yang dipasang di dalam dan di sekitar rumah, dapat berbicara satu dengan lainnya. Keuntungan memakai satu ecosystem dan bahasa komputer yang sama, untuk memudahkan perangkat dapat di akses dan di atur dari jarak jauh, menjaga keamanan jaringan, dan lebih mudah menghubungkan perangkat-perangkat di rumah dan sekitar rumah satu dengan lainnya.

Thread Group mengandalkan inovasi teknologi yang sangat sederhana dengan menggunakan protokol Internet, jaringan nirkabel, dan membutuhkan tenaga listrik yang sangat rendah (perangkat cukup memakai baterai, tanpa harus dicolokkan ke stop kontak di dinding). Keistimewaan Thread Group karena dibangun pada standar terbuka dan menggunakan teknologi IPv6. Hal ini memberikan kemudahan supaya semua perangkat dapat langsung terhubung ke cloud.

Setelah terbentuknya satu standar yang sama, Thread Group berfokus untuk mendidik pengembang produk, para perancang, ahli jaringan komputer, dan konsumen yang suka memasang perangkat high-tech di rumah. Thread Group menyediakan sertifikasi produk supaya memberikan kepastian kepada konsumen bahwa produk memenuhi standar. Para pengguna produk dapat memetik keuntungan dengan mengandalkan fitur-fitur unik demi menjaga keamanan jaringan di rumah, menghemat energi listrik dan gas, dan membeli produk modern yang berada di bawah naungan satu ecosystem.

(Image: top right, Thread Network Connection)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s