Advertisements

Remind: cara aman bagi guru menghubungi dan menjangkau siswa dan orangtua di luar kelas, seperti mengirim pesan teks

Sejak musim sekolah dimulai pada bulan Agustus lalu, ada satu aplikasi pendidikan yang sangat populer di toko Apple App Store dan Google Play, yang dinamakan Remind. Ratusan ribu siswa dan guru men-download aplikasi ini setiap hari di seluruh dunia. Hanya dalam waktu singkat, startup ini sudah mencatat jutaan anggota, yang terdiri atas satu juta guru dan 17 juta siswa dan orang tua.

Remind menyediakan aplikasi untuk mengirim pesan teks bagi siswa tingkat TK, SD, SMP dan SMA. Setiap guru menerima semacam kode bagi setiap mata pelajaran, misalnya Ekonomi 1. Ketika guru mengirim pesan teks, hanya siswa yang mengambil kelas Ekonomi 1 yang akan menerima pesan yang berisi catatan kelas, peringatan tentang pekerjaan rumah, foto study tour, dokumen tentang mata pelajaran, dan lain sebagainya. Pelatih olahraga bola basket, volleyball, baseball, juga boleh menggunakan Remind untuk mengirim pesan tentang jadwal harian atau pembatalan latihan tim.

Keunggulan Remind termasuk menjaga privasi murid dan tidak menampilkan nomer telepon siswa ketika mengirim pesan. Siswa dan orangtua dapat berinteraksi dengan guru, tetapi ada fitur yang menyaring setiap pengguna supaya tidak melakukan kontak secara perorangan. Kelebihan lainnya termasuk fitur untuk merekam pesan suara dari guru dan kemudian dikirim ke siswa dan orangtua.

Remind didirikan pada bulan Agustus 2011 dan berbasis di kota San Francisco. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran ketiga (Seri C) sejumlah $40 juta dollar yang dipimpin oleh investor terkemuka di Silicon Valley yaitu Kleiner Perkins Caufield & Byers. Pendukung modal lainnya pada putaran ini termasuk The Social+Capital Partnership dan First Round Capital. Ditambah pendanaan putaran pertama dan kedua, maka sejak didirikan startup ini sudah mengumpulkan modal kerja sejumlah $59 juta dollar.

Remind-homepage

(Image: bottom, Remind homepage screenshot)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s