Advertisements

StoreDot: penyimpanan tenaga baterai yang mudah terisi penuh dalam beberapa menit dan pengganti baterai lithium-ion

Store-Dot-logoBeberapa perusahaan startup sedang berlomba-lomba mencari solusi untuk menggantikan baterai lithium-ion yang dipasang di dalam ponsel pintar, tablet komputer, dan mobil listrik. Salah satu startup yang memiliki teknologi baru untuk baterai adalah StoreDot. Tidak heran kalau startup berbasis di Israel ini sedang diincar para investor ventura.

StoreDot mengandalkan inovasi teknologi bio-organik untuk membuat baterai yang memerlukan waktu yang sangat singkat untuk pengisian, atau hanya sekitar 30 detik untuk pengisian baterai ponsel. StoreDot menggunakan bahan organik ukuran nano untuk menciptakan baterai generasi baru sebagai pengganti baterai lithium-ion.

Store-Dot-battery-Saat ini StoreDot masih dalam taraf uji-coba. Tim riset sedang mencari solusi untuk mengecilkan baterai supaya dapat dipasang ke dalam perangkat mobile. Startup ini berencana memasarkan hasil penemuan mereka sekitar tahun 2016. Kelak baterai jenis baru ini bisa dipakai untuk alat-alat kedokteran (seperti, alat pacu jantung), bola lampu, ponsel pintar, dan lain sebagainya.

StoreDot didirikan pada tahun 2012 dan berbasis di kota Tel Aviv. Minggu ini mengumumkan penerimaan dana putaran kedua (Seri B) sejumlah $42 juta dollar yang dipimpin oleh Millhouse milik Roman Abramovich, orang terkaya berbasis di negara Rusia. Bulan Juni 2013 lalu sudah menerima modal kerja sekitar $6 juta dollar. Total modal sejak didirikan sudah mencapai $48 juta dollar.

(Images: top right, StoreDot logo; middle left, a sample of StoreDot battery via Facebook)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s