Compute Stick: perangkat komputer ukuran kecil dari Intel, didukung quad-core CPU, WiFi, HDMI, Windows, seharga $149

Compute-Stick-IntelSetelah kalah bersaing di dunia perangkat mobile dengan pembuat chip terkemuka Qualcomm dan Samsung, raksasa Intel terus meningkatkan kemampuan inovasi microprocessor. Salah satu usaha ini dengan melakukan revolusi di dunia komputer pribadi. Di sela-sela konferensi elektronik CES di kota Las Vegas awal tahun 2015 ini, Intel meluncurkan satu produk baru yang sangat dikagumi oleh pengguna komputer pribadi.

Compute Stick merupakan komputer pribadi ukuran sangat kecil, yang dapat ditaruh di atas telapak tangan. Ukuran panjang empat inci (10 cm), atau kira-kira sebesar satu pak permen karet. Komputer ini didukung oleh microprocessor quad-core Atom, 32GB penyimpanan, 2GB RAM memory, tersedia slot untuk kartu microSD, mudah dihubungkan ke Wi-Fi, dilengkapi colokan HDMI untuk tampilan layar high-definition dan teknologi Bluetooth.

Compute Stick tersedia dalam dua opsi, berdasarkan system operasi. Opsi dengan memory 2GB RAM dan dijalankan dengan system operasi Windows 8.1 akan dijual seharga $149 mulai bulan Maret 2015. Sedangkan opsi kedua dijalankan dengan system operasi Linux berisi memory 1GB RAM, penyimpanan lebih kecil, dan akan dipasarkan dengan harga $89.

Sasaran pasar Compute Stick adalah pengguna yang bersifat pribadi. Pengguna dapat melakukan aktivitas ringan, termasuk mengunjungi jaringan sosial, berselancar di dunia maya, menonton video streaming yang disiarkan lewat Netflix, Hulu, dan untuk bermain game online.

Sedangkan sasaran pasar lainnya termasuk di dunia bisnis usaha kecil dan menengah. Compute Stick sangat cocok sebagai komputer untuk pekerja yang sering melakukan perjalanan atau untuk pekerja yang bekerja di luar kantor.

Selanjutnya pengguna dapat memakai Compute Stick untuk menampilkan video dan gambar di layar digital ukuran besar. Layar besar biasanya dipasang di mall untuk tujuan memamerkan barang dan promosi.

(Image: top right, Compute Stick by Intel)

Leave a comment