Advertisements

Setelah meluncurkan platform ke-dua untuk melayani Google Android dan kemudian di akuisisi oleh Facebook pada awal bulan April 2012, Instagram terus berkembang dan sudah melampaui 80 juta pengguna yang berbagi 4 miliar foto dari seluruh dunia

Awal April 2012 Facebook CEO Mark Zuckerberg berhasil menyakinkan pendiri Instagram Kevin Systrom bahwa perusahaan jaringan sosial terbesar di dunia miliknya lebih pantas bermitra dengan pembuat aplikasi foto. Akhirnya bukan hanya bermitra, malah kedua pendiri perusahaan yang masih berusia muda itu sepakat untuk menjadi satu usaha. Instagram di akuisisi oleh Facebook dengan harga sekitar $1 miliar dalam bentuk uang tunai dan saham. Pada kesempatan yang sama sebenarnya terjadi persaingan harga jual, antara Facebook dan saingannya Twitter yang juga berencana mengajak merger dengan Instagram. Dengan kondisi pasar saham Facebook yang terus anjlok setelah laporan keuangan kuartal ke-dua, April-Juni 2012, maka nilai akuisisi ini sebenarnya sudah berada di bawah $1 miliar hari ini.

Walaupun nilai akuisisi ini sudah jatuh, akan tetapi jumlah pengguna Instagram semakin melonjak. Instagram dengan bangga mengumumkan bahwa komunitas yang berusia kurang dari 2 tahun ini terus berkembang dan sudah melampaui 80 juta pengguna terdaftar yang berbagi 4 miliar foto dari seluruh dunia.

Sejak Instagram diluncurkan pada bulan Oktober 2010, aplikasi untuk mengambil foto ini hanya disediakan untuk melayani para pengguna Apple iOS (iPhone, iPad, dan iPod). Satu minggu sebelum di akuisisi oleh Facebook, jumlah pengguna yang terdaftar masih berkisar sekitar 30 juta pengguna dan semuanya adalah pengguna iOS. Instagram berkembang dari satu platform (iOS) menjadi dua platform dan mulai melayani pengguna telepon genggam yang dijalankan oleh sistem operasi Google Android (contohnya, Samsung Galaxy S III) sejak awal April. Boleh dibilang strategi untuk meluncurkan platform ke-dua untuk Android sudah melipat-gandakan jumlah pengguna dalam waktu 3 bulan terakhir ini.

(Images: top & center Instagram homepage)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s