DocuSign: inovasi teknologi tanda tangan secara elektronik semakin marak digunakan sebagai tanda tangan resmi dengan pertimbangan keamanan, kenyamanan, dan kemudahan

Perusahaan besar, usaha kecil, dan konsumen di seluruh dunia semakin marak memanfaatkan inovasi teknologi tanda tangan secara elektronik yang diciptakan oleh DocuSign. Perusahaan ini memakai teknologi untuk membantu menyelesaikan urusan bisnis lebih cepat yaitu menggantikan fungsi pen dan kertas dengan hibrida platform SAAS (awan) dan Internet. Prinsipnya DocuSign boleh diakses kapan saja, dimana saja, dan lewat perangkat apa saja. DocuSign memiliki jaringan global yang menghubungkan perusahaan yang membutuhkan tanda tangan dengan pelanggan mereka, mitra kerja, pemasok dan karyawan supaya bisa melakukan transaksi bisnis dengan cepat, aman, mudah dan murah.

DocuSign didirikan pada tahun 2003, tetapi baru terkenal akhir-akhir ketika perusahaan startup ini menerima investasi dari pemodal kelas atas di Silicon Valley. Pada putaran pembiayaan seri D, salah satu pemodal baru yang ikut berpartisipasi adalah Google Ventures. DocuSign menerima pembiayaan sebesar $55,7 juta untuk mengembangkan perusahaan ini untuk lebih lanjut. Investor yang berpartisipasi dalam putaran seri-seri sebelumnya termasuk Kleiner Perkins Caufield & Byers, Accel Partners, Comcast Ventures, dan lain-lainnya. Dengan tambahan dana dari pemodal dari mesin pencari Google, investasi di perusahaan DocuSign sudah menginjak putaran seri D, dan jumlah pendanaan mencapai sekitar $123 juta.

Perusahaan ini mencatat 60.000 pengguna baru yang bergabung setiap hari. DocuSign memiliki jaringan yang mencakup 20 juta pengguna di seluruh dunia. Daftar perusahaan besar dan kecil yang memakai layanan DocuSign termasuk American Airlines (perusahaan penerbangan), BMW Financial Services (mobil), Box (penyimpanan dokumen), CB Richard Ellis (agen jual/beli rumah), Cisco (networking), Comcast (kabel TV), Costco (toko serba-ada), eBay (lelang), Expedia (situs travel), HP (pabrik komputer), LinkedIn (jaringan sosial untuk bisnis), Sony (pabrik barang elektronik), TD Ameritrade Institutional (pasar saham), Toyota (pabrik mobil), Xerox (pembuat mesin foto kopi), Yahoo! (web portal), dan lain sebagainya. DocuSign juga menyebutkan bahwa perusahaan ini melayani lebih dari 150 juta dokumen setiap tahun di 188 negara.

Pembuat teknologi tanda tangan elektronik memiliki dua kantor di Amerika bagian barat, termasuk di kota Seattle dan San Francisco. Saat ini sudah mempekerjakan sekitar 270 orang. Untuk pengguna pribadi akan diberikan akses secara cuma-cuma dengan batasan permintaan 5 dokumen, tetapi boleh membubuhkan tanda tangan tak terbatas. Untuk pengguna professional dikenakan biaya $15 per bulan (150 ribu Rupiah) dan boleh melakukan permintaan 50 dokumen setiap bulan.

(Image: DocuSign demo site)

Trackbacks

  1. […] Keistimewaan cara kerja Opendoor termasuk mengelola dokumen secara digital. Penjual dan pembeli cukup membubuhkan tanda tangan dengan menggunakan tanda tangan elektronik. […]

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s