Advertisements

Cherry: menyediakan layanan mencuci mobil di halaman kantor, tempat parkir umum atau garasi rumah pemilik mobil dengan menggunakan teknologi ponsel pintar dan data lokasi

Mencuci exterior dan merawat kebersihan interior mobil merupakan suatu kebutuhan yang cukup penting bagi pemilik mobil di kota besar di Amerika, terutama bagi pekerja yang sangat sibuk bekerja di kantor, dimana mereka tidak bisa rutin meluangkan waktu sekitar 1 jam mengantarkan mobil mereka ke tempat pencucian mobil yang antri panjang. Sebaliknya di Indonesia pada umumnya sudah tersedia tenaga supir pribadi yang setiap pagi sudah membersihkan mobil sebelum juragan berangkat ke kantor. Boleh dibilang inovasi bisnis mencuci mobil belum diperlukan di Indonesia hari ini, tetapi lebih cocok di Amerika.

Bagi pemilik mobil yang menghargai waktu, kebutuhan mencuci mobil dengan biaya kecil tidaklah menjadi persoalan. Perusahaan startup Cherry yang berbasis di San Francisco menciptakan aplikasi ponsel pintar untuk iPhone dan Android.  Aplikasi ini menghubungkan lokasi pemilik mobil, melacak pencuci mobil lokal, dan memungkinkan pengguna aplikasi untuk memesan pencuci mobil supaya datang mencuci mobil dimana saja mobil tsb diparkirkan. Keunggulan Cherry adalah inovasi aplikasi ponsel pintar yang bisa menjadwalkan layanan mencuci mobil, tanpa mengharuskan pemilik mobil datang ke stasiun pencucian mobil, dimana pencuci mobil yang akan datang ke tempat parkir perkantoran, atau parkir umum, atau garasi di perumahan.  Pencuci mobil akan datang membawa peralatan yang lengkap, termasuk alat pengkilap cat mobil, alat sedot debu, dan lain sebagainya. Biaya mencuci exterior hanya $25 (250 ribu Rupiah) dan kalau ditambah membersihkan interior maka total biaya adalah $35 (350 ribu Rupiah). Pemilik mobil tidak perlu bingung membawa uang tunai karena sewaktu mendaftarkan diri akan diberi nomer akun, dimana situs Cherry juga mencatat plat nomer kendaraan dan merek mobil pengguna.  Pada saat proses pendaftaran, pengguna harus memasukkan nomer kartu kredit supaya Cherry bisa mengambil bayaran secara otomatis. Cherry tidak menyarankan memberi tip (bonus) ke tukang cuci, akan tetapi pengguna layanan mencuci mobil diminta untuk memberikan umpan balik lewat ponsel supaya membantu meningkatkan mutu layanan.

Cherry meluncurkan layanan mencuci mobil pertama kali di kota di San Francisco pada bulan November 2011 lalu. Karena menerima respon bagus dari pelanggan, maka usaha kecil dengan modal awal hanya $750 ribu ini berkembang pesat dan kemudian diperluas untuk melayani beberapa kota di Silicon Valley pada bulan April 2012 lalu, termasuk di kota San Jose, Menlo Park, Palo Alto, Cupertino, dan Mountain View. Pada bulan yang sama Cherry menerima suntikan dana sebesar $4.5 juta untuk pengembangan yang diberikan oleh beberapa investor besar dari Silicon Valley. Minggu ini Cherry mulai melirik pasar di California Selatan dan memulainya di kota San Diego. Dalam waktu dekat akan melawat kota Los Angeles dengan armada pencuci mobil yang lebih besar karena kota LA adalah kota terbesar kedua di Amerika.

Pemodal awal yang jumlahnya $750 ribu datang dari CEO Yammer David Sacks, yang mana Yammer diakuisisi oleh Microsoft pada musim panas tahun 2012 ini dengan nilai lebih dari $1 miliar. Modal awal juga datang dari pendiri sistem pembayaran online PayPal Max Levchin dan COO platform pembayaran lewat ponsel Square Keith Rabois. Sedangkan dukungan dana sebesar $4.5 berasal dari Shasta Ventures, Founders Fund, dan investor Shervin Pishevar dan Bill Lee. Sampai hari ini usaha startup ini sudah mengumpulkan $5.25 juta.

(Screenshot: Cherry Car Wash Company homepage)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] Layanan instan yang sudah pernah di ulas di situs web ini termasuk layanan mencuci mobil (Cherry), layanan menjaga anak (UrbanSitter), layanan pengangkutan dalam kota (Sidecar), layanan ganti oli […]

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s