Advertisements

Taplister: aplikasi untuk membantu peminum bir menemukan tempat penjualan bir favorit yang diolah oleh usaha kerajinan penyulingan bir

Peminum bir di Amerika semakin gandrung meminum bir yang diolah oleh usaha kerajinan penyulingan bir lokal, demikian juga dengan jumlah pabrik kecil pembuat bir semakin menanjak di Amerika . Bir yang dihasilkan oleh usaha kecil ini biasanya memakai merek lokal seperti Boston, Portland Oregon, yang kadang-kadang merupakan daya tarik buat turis yang melancong ke suatu kota. Sedangkan merek-merek bir tradisional seperti Bud, Heineken, Bib Bintang, masih laku di pasaran, tetapi peminum bir mempunyai selera lain dan cenderung memilih bir dari hasil kerajinan penyulingan bir lokal.

Dengan begitu banyak pilihan di setiap tempat penjualan (bar, restoran), kadang mencapai lebih dari 30 merek yang dibuat di satu kota, maka diperlukan aplikasi mobil yang memudahkan peminum bir untuk menemukan bir favorit mereka ketika berencana mengunjungi bar atau restoran. Maka untuk itu lahirlah aplikasi yang dikenal dengan nama Taplister. Aplikasi ini mendulang data secara instan dan termasuk memiliki database yang berhubungan dengan industri bir yang terbesar di Amerika. Sejak didirikan pada tahun 2009, Taplister sudah mengumpulkan 9.000 macam merek bir yang tersebar di seluruh kota-kota di Amerika. Taplister juga bermitra dengan RateBeer yang memberikan peringkat bir berdasarkan informasi dari segi kadar alkohol, rasa (pahit, manis), harga, ukuran, lokasi tersedia di bar dan restoran.

Selain Taplister membantu peminum bir mencari tempat penjualan bir favorit mereka, perusahaan startup ini juga membantu usaha kecil pembuat bir, pemilik bar dan restoran mempromosikan bir mereka. Taplister meluncurkan aplikasi iPhone pada tanggal 12 September lalu dan sedang melakukan pengembangan aplikasi Android. Pada saat yang sama berhasil merangkul mitra baru dengan Foursquare. Untuk mematuhi undang-undang minuman beralkohol, maka hanya pengguna Internet yang sudah berusia 17 tahun keatas yang diperbolehkan untuk men-download aplikasi ini.

(Images: top, Taplister logo; left, Taplister app for iPhone)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s