Advertisements

Tren pembayaran melalui seluler: kelompok usaha eBay mengalami peningkatan tajam dalam volume pembayaran lewat ponsel pintar dan tablet pada hari Thanksgiving tahun 2012 dibandingkan tahun 2011

Tiga anak perusahaan dibawah naungan group konglomerat eBay, yaitu PayPal (alat pembayaran online), GSI (solusi ecommerce), dan eBay (mesin lelang terbesar didunia) mengalami peningkatan tajam dalam volume pembayaran lewat ponsel dan tablet pada hari Thanksgiving tahun 2012 dibandingkan tahun 2011. Thanksgiving baru saja dirayakan di Amerika pada hari Kamis, November 22. PayPal dan eBay merilis sebagian data pada hari Jumat, November 23.

Group usaha eBay mendulang data dari hasil penjualan selama 24 jam pada hari Thanksgiving, dimana hari istimewa ini seringkali dipakai sebagai tolak ukur awal musim pembelanjaan terbesar di Amerika. Untuk mengetahui tren pembayaran melalui seluler termasuk lewat ponsel pintar (seperti iPhone) dan tablet (seperti iPad), data dikumpulkan dari tiga anak perusahaan PayPal, GSI, dan eBay.

Salah satu PayPal blog post menyatakan bahwa terjadi peningkatan 2,5 kali lipat (atau 173 persen) dalam volume pembayaran melalui seluler secara global pada hari Thanksgiving 2012 dibandingkan dengan Thanksgiving 2011. Dalam segi jumlah pelanggan yang berbelanja secara global, terjadi peningkatan 2,5 kali lipat (atau 164 persen) pada hari Thanksgiving 2012 dibandingkan dengan Thanksgiving 2011. Yang cukup menarik diketahui dari konsumen di seluruh dunia (terutama di Amerika) ketika mereka memilih waktu untuk berbelanja lewat seluler. Kebanyakan pembeli sudah duduk di kursi sofa menonton televisi olahraga Amerika football dan mereka sudah santap makan kalkun, minum anggur, dan perut kenyang. Pembeli menyempatkan diri berbelanja lewat ponsel pintar atau tablet antara jam 12 siang sampai jam 1 siang (berdasarkan standar waktu di kota Los Angeles). Top-5 kota di Amerika yang mana konsumen paling suka memakai pembayaran melalui seluler pada hari Thanksgiving 2012 adalah Houston, Los Angeles, Chicago, Miami, dan New York.

Malah sebuah blog post lanjutan dari PayPal menyatakan volume pembayaran melalui seluler skala global satu hari setelah Thanksgiving menunjukkan peningkatan lebih dahsyat pada tahun 2012 dibandingkan tahun 2011. Satu hari setelah Thanksgiving dikenal dengan istilah “Black Friday” atau “Jumat Hitam” dan juga merupakan salah satu hari belanja terbesar di Amerika. Dengan memantau data yang didulang dari 12 jam pertama, PayPal melihat volume pembayaran melalui seluler meningkat 3 kali lipat (190 persen) pada hari “Jumat Hitam” 2012 dibandingkan dengan hari “Jumat Hitam” satu tahun yang lalu.

Sedangkan tren pembayaran melalui seluler yang terjadi di eBay dan GSI diungkapkan oleh sebuah blog post dari analis eBay. Data ini dituturkan diatas sebuah grafik berwarna orange, dimana orang Amerika suka memakai warna “orange” selama perayaan Thanksgiving untuk mencerminkan warna daun selama musim gugur dan warna buah pumpkin (semacam buah semangka). Di chart ini tertera bahwa volume pembayaran lewat seluler untuk mesin lelang eBay yang melayani konsumen di Amerika mengalami peningkatan sebanyak 133 persen pada hari Thanksgiving 2012 dibandingkan dengan Thanksgiving 2011. Sedangkan volume penjualan lewat seluler untuk anak perusahaan GSI (solusi ecommerce) skala Amerika, mengalami peningkatan sebanyak 170 persen pada hari Thanksgiving 2012 dibandingkan dengan Thanksgiving 2011.

(Images: top, PayPal logo; bottom, eBay Mobile Stats)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s