9Slides: mengawinkan YouTube dan SlideShare dengan menggunakan platform berbasis cloud, dan memungkinkan profesional berbagi slide secara online

9slides-logoSeringkali profesional yang berbicara didepan umum dan mempresentasikan beberapa slide dengan menggunakan PowerPoint merasa frustrasi kalau ingin menambah bahan presentasi dengan memutarkan video. Sebagai pembicara di atas pentas, selain sudah sibuk mengklik dan mengeser slide, pada saat yang sama juga ingin memberi isyarat kepada slide operator supaya siap memutar video yang bisa sinkron dengan slide presentasi. Malah seringkali video dari orang yang berbicara di upload ke YouTube dan slide dek di upload ke SlideShare, sehingga pengalaman presentasi yang terputus-putus.

Untuk mengatasi masalah ini, layanan 9Slides ingin membantu presenter menggabungkan fungsi kerja slide dengan video yang mudah diakses selama presentasi, maupun setelah presentasi sudah selesai. Fitur istimewa lainnya bagi presenter yaitu berbagi file berisi campuran slide dan video yang tersedia secara online sehingga penonton bisa menontonnya kapan saja dan dimana saja. Secara garis besar, fungsi 9Slides sangat sederhana yaitu menempatkan beberapa layanan dibawah satu atap dan mensinkronisasikan slide dek dari presenter dan menciptakan pengalaman menonton presentasi lebih nikmat lewat situs web, perangkat ponsel dan tablet.

Bisnis model layanan 9Slides menggunakan sistem “freemium” dimana pengguna memilih opsi. Opsi dasar (alias gratis), pengguna diperbolehkan memakai fitur-fitur standar dengan tambahan iklan dan hanya terbatas untuk 5 kali presentasi. Sedangkan untuk memakai fitur-fitur seperti password proteksi dengan kapasitas lebih besar akan dikenakan iuran langganan sekitar $10 per bulan untuk 10 kali presentasi. Untuk kapasitas lebih besar tak terbatas dengan tambahan fitur seperti memasang merek perusahaan bersama nama domain, pelaporan dan analisis, akan dikenakan iuran langganan lebih tinggi.

9Slides merupakan perusahaan startup yang berbasis di kota Seattle dan didirikan oleh tim teknisi dibawah pimpinan Ruchit Garg yang pernah bekerja di Microsoft di divisi Xbox Live dan Windows. Diluncurkan sejak bulan Oktober 2011, startup ini baru menerima pendanaan awal yang diperkirakan berjumlah sekitar $200 ribu dollar. Hingga saat ini 9Slides sudah mendaftarkan ribuan langganan dari seluruh dunia yang bersedia membayar iuran bulanan.

(Image: 9Slides logo)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: