Advertisements

Hari Bumi 22 April, HopeLine menghimbau masyarakat mendonasikan ponsel tua sebagai alat komunikasi bagi korban kekerasan dalam rumah tangga

hopeline-from-verizon-logoSebagian besar pengguna ponsel sering mengganti perangkat telepon genggam dan memakai teknologi terbaru, yang mana siklus pergantian peralatan termasuk sangat cepat. Ponsel tua merupakan salah satu bagian dari peralatan di rumah atau di kantor yang tertumpuk di dalam laci. Barang bekas ini lama-lama terlupakan dan akhirnya menjadi tumpukan yang dimasukkan ke tong sampah. Daripada merusak lingkungan akibat bahan elektronik yang meracuni tempat pembuangan sampah, maka ada baiknya disumbangkan ke organisasi sosial atau di kembalikan kepada operator seluler untuk dimusnahkan di fasilitas pembuangan yang aman.

Sebuah program yang menawarkan tempat lengser bagi ponsel tua sudah dikembangkan oleh Verizon Wireless, operator seluler terbesar di Amerika sejak tahun 2001. Program ini dinamakan HopeLine Telepon. Tujuan utama dari program ini adalah untuk mendaur ulang ponsel tua dan kemudian menyediakan perangkat bekas tsb sebagai alat komunikasi yang diberikan secara cuma-cuma kepada korban kekerasan dalam rumah tangga. Seandainya ponsel bekas tidak bisa digunakan lagi, maka HopeLine akan memusnahkan perangkat seluler lama beserta baterainya yang sangat membahayakan kelestarian lingkungan di fasilitas penyimpan sampah yang sudah dikelola oleh profesional.

Hopeline-iOS-appPemilik ponsel dapat menyumbangkan perangkat telepon genggam lama melalui pengiriman lewat kantor pos (dengan perangko yang sudah dibayarkan oleh HopeLine), penyumbang boleh singgah di toko Verizon terdekat dan memasukkannya ke sebuah kotak sumbangan, atau mendonasikan ponsel pada acara kumpul di komunitas setempat yang diselenggarakan oleh HopeLine. Setelah semua telepon genggam lama dikumpulkan, HopeLine memperbaharui ponsel dengan sistem operasi terbaru dan setiap ponsel bekas dilengkapi dengan kartu telepon untuk berbicara selama 3.000 menit dan juga dilengkapi dengan fitur untuk melakukan SMS teks.

Sejak didirikan, HopeLine sudah mengumpulkan lebih dari 10 juta unit telepon genggam. Dari jumlah ini sudah lebih dari 151,000 unit yang disumbangkan untuk pengguna ponsel akibat dari korban kekerasan dalam rumah tangga. HopeLine juga menghibahkan lebih dari $18 juta dollar dalam bentuk uang tunai.

Bertepatan dengan perayaan Earth Day (Hari Bumi) yang jatuh pada tanggal 22 April setiap tahun, maka HopeLine menghimbau masyarakat menggalakkan acara donasi ponsel. Untuk mendukung program ini, Verizon juga sudah meluncurkan aplikasi iOS dan Android untuk mempromosikan HopeLine.

(Images: top right, HopeLine logo; middle left, HopeLine iOS app)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s