Konsorsium Fairfax Financial Holdings Limited bersedia mengakuisisi BlackBerry dengan nilai transaksi $4,7 miliar

Fairfax-logoPerusahaan BlackBerry telah menemukan pelamar dari sebuah konsorsium yang dipimpin oleh Fairfax Financial Holdings Limited. Perusahaan pelopor ponsel pintar mengumumkan bahwa kedua belah pihak sudah menandatangani surat perjanjian yang dikenal dengan letter of intent (“LOI”). Surat LOI ini sudah disetujui oleh dewan direksi BlackBerry. Konsorsium ini akan mengubah status BlackBerry dari perusahaan terbuka menjadi perusahaan swasta. Fairfax merupakan pembeli yang sangat berpotensi karena sudah memiliki sekitar 10 persen saham BlackBerry.

Dalam surat perjanjian ini, konsorsium yang berbasis di kota Toronto, Kanada, akan diberi waktu selama 6 minggu untuk melakukan pemeriksaan keuangan perusahaan BlackBerry dan diperkirakan akan selesai pada tanggal 4 November tahun ini. Apabila pemeriksaan sudah selesai, maka konsorsium ini akan mengakuisisi BlackBerry dengan nilai transaksi $4,7 miliar. Para pemegang saham BlackBerry akan menerima pembayaran $9 per lembar saham dengan uang tunai.

Selama pemeriksaan, BlackBerry diberi ijin untuk menerima penawaran dari investor lainnya. Menjelang akhir minggu lalu, kelompok investor dibawah kepemimpinan mantan CEO Mike Lazaridis yang menggandeng perusahaan ekuitas swasta sedang berencana untuk mengambil alih perusahaan yang didirikannya pada tahun 1985. Apabila rencana akuisisi yang dilakukan oleh Fairfax gagal dan sebaliknya BlackBerry memilih pembeli lainnya, maka akan dikenakan biaya terminasi, yang nilainya sekitar $0.50 per lembar saham.

(Image: top right, Fairfax logo)

Trackbacks

  1. […] Wall Street, setelah kalangan pembeli saham sangat khawatir akan masa depan perusahaan ini. Padahal konsorsium Fairfax Financial Holdings Limited yang berbasis di Kanada bersedia mengakuisisi BlackBerry dengan nilai transaksi $4,7 miliar awal […]

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s