Advertisements

New York memperkenalkan inovasi tempat parkir untuk menanggulangi pengemudi yang kecanduan dengan penggunaan ponsel

NY-govsealGubernur New York Andrew Cuomo mengumumkan pembukaan “Zona Texting” (“Texting Zones”) di sepanjang jalan raya utama di negara bagian yang berpenduduk 20 juta orang ini. Tempat berhenti untuk mengetik SMS, ber-BBM, membaca email, menonton video online, ataupun mengirim pesan telepon, merupakan inovasi tempat parkir mobil atau tempat istirahat pertama di Amerika. Gubernur sudah menetapkan 91 tempat khusus untuk pengemudi berhenti, ketika ingin membalas pesan SMS atau ingin memegang handset setelah mendengar deringan bunyi telepon. Tempat khusus ini didukung dengan fasilitas tempat parkir dekat jalan raya dan highway. Pengemudi yang sangat kecanduan dengan perangkat seluler mereka, seperti telepon genggam dan tablet, sebaiknya menunggu 1 sampai 5 miles sebelum menemukan tempat khusus tsb.

Gubernur juga memperkenalkan inovasi rambu-rambu lalulintas, yang akan ditempatkan di sepanjang jalan raya, supaya pengemudi dapat melihat dengan jelas dimana Zona Texting berada. Beberapa rambu tertulis “It can wait” (“anda bisa menunggu”) dan jumlah mile tertera di rambu sebelum mencapai lokasi Zona Texting berikutnya. Pemerintah akan memasang 298 rambu-rambu lalulintas di seluruh negara bagian dengan harapan pengemudi mengetahui sedini mungkin dimana letak 91 lokasi Zona Texting.

NY-Cuomo-Text-Stop-sign

Pemerintah negara bagian New York meningkatkan inovasi tempat parkir dan rambu-rambu lalulintas dalam upaya untuk mengurangi resiko akibat kemajuan teknologi jaman sekarang. Jumlah pengemudi yang terganggu ketika mengendarakan kendaraan mereka sambil menggunakan perangkat seluler semakin meningkat dari tahun ke tahun. Musim panas tahun 2013 ini, Kantor Kepolisian negara bagian New York mengeluarkan 21.580 tilang, dibandingkan dengan hanya 5.208 tilang pada musim panas 2012, atau terjadi kenaikan sebanyak 365 persen.

Hukuman untuk pengemudi muda dan pengemudi baru juga akan diperberat termasuk sangsi pencabutan SIM dan suspensi SIM untuk batas waktu lebih lama. Hukuman bagi pengemudi yang kena tilang akan meningkat dari tiga poin menjadi lima poin. Jumlah poin yang tinggi akan menyebabkan pengemudi membayar premi asuransi mobil jauh lebih mahal. Demikian pula negara bagian New York memakai patokan 11 poin sebagai ajang tertinggi jumlah poin yang boleh diterima selama 18 bulan. Apabila melewati batas tsb, maka SIM akan di cabut.

(Images: top right, New York Governor Seal; middle, Governor Andrew Cuomo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s