Advertisements

Akibat inovasi teknologi perangkat digital: anak-anak jarang membaca buku, tapi bermain video games, nonton YouTube

nielsen-logo-Anak-anak jaman sekarang lebih mengenal karakter Angry Birds daripada karakter Lorax dari buku bacaan anak-anak karangan Dr. Seuss. Saat ini buku mengalami kompetisi hebat dengan perkembangan inovasi teknologi perangkat digital seperti tablet (iPad, Galaxy Tab) dan ponsel pintar (iPhone 5S, Galaxy S4).

Menurut sebuah studi di negara Inggris berjudul “Understanding the Children’s Book Consumer in the Digital Age“ yang diterbitkan oleh perusahaan riset terkemuka Nielsen, kebiasaan buruk menghabiskan waktu bermain video games dan nonton YouTube di depan layar sentuh komputer tablet, mulai mendesak kebiasaan baik membaca buku secara mingguan. Dalam laporan ini, Nielsen mengungkapkan bahwa proporsi anak-anak berusia antara 0 sampai 17 tahun yang sesekali membaca buku atau sama sekali tidak membaca buku setiap minggu, meningkat menjadi 28 persen pada tahun 2013, dibandingkan hanya 20 persen pada tahun 2012.

Apple-iPad-mini-RetinaMalah Nielsen menyatakan bahwa penggunaan tablet pada tahun 2013 mengalami pertumbuhan dua kali lipat dibandingkan tahun 2012. Sayangnya hanya 20 persen anak-anak memanfaatkan perkembangan inovasi teknologi perangkat tablet untuk membaca e-book (buku elektronik) dan hanya sekitar 6 persen memakai perangkat untuk membaca majalah. Sebaliknya, anak-anak memakai perangkat tablet untuk bermain games melalui aplikasi, mengunjungi situs YouTube untuk menonton video penyanyi tenar, dan mengirim teks SMS.

The-Lorax-Dr-SeussHasil studi terbaru dari Nielsen mendukung studi-studi sebelumnya yang menyatakan bahwa memang sedang terjadi kemerosotan proporsi anak-anak untuk menjadi ‘kutu buku’ dalam waktu beberapa tahun terakhir ini. Sekarang sudah tiba saatnya bagi orangtua dan para pengajar di sekolah untuk memotivasi anak-anak supaya menyisihkan waktu lebih banyak untuk membaca buku. Demikian pula akan lebih menyenangkan kalau guru-guru mulai mengajak siswa membuat proyek di sekolah dengan memanfaatkan teknologi perangkat digital yang sudah tersedia, supaya siswa lebih mengembangkan ide mereka dengan membaca buku lebih banyak.

(Images: top, Nielsen logo; middle right, iPad Mini and Retina; bottom left, a book-case for children books incl. Lorax by Dr. Seuss, photographed by Inovasi.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s