Advertisements

Burner: aplikasi untuk membeli nomor telepon samaran, setelah dipakai satu kali, terus di “bakar” (di daur ulang)

Burner-app-logoAda berbagai cara yang baik untuk melindungi diri kita dalam segi privasi dari orang yang tidak pernah dikenal ketika menjual barang online, melamar pekerjaan sambilan, mencari jodoh online, ataupun melakukan komunikasi melalui telepon dengan calon pembeli barang yang belum dikenal. Demikian pula ketika bertemu seseorang di tempat umum tetapi kita tidak berencana berbagi kontak kita, tetapi hanya berpura-pura memberikan nomor telepon. Cara-cara kuno yang sering dipakai seperti menggunakan nama samaran atau memakai alamat email Hotmail/Yahoo, tetapi bagaimana dengan nomor telepon kita?

Sekarang sudah hadir suatu layanan dari Burner yang menyediakan nomor telepon samaran bagi pengguna ponsel pintar. Nomor telepon dari Burner bisa dipakai sekali saja, atau dengan batas waktu tertentu (misalnya, satu minggu atau satu bulan) untuk perangkat seluler jenis iPhone dan Android. Pengguna boleh bebas memilih dan mengatur nomor telepon lewat aplikasi. Setelah nomor telepon dipakai untuk jangka waktu yang sudah disetujui, nomor telepon di “bakar” dan harus menunggu sampai nomor tsb. diaktivitaskan kembali. Nomor-nomor lama kemudian di daur ulang untuk dipakai oleh pengguna baru.

Burner-app-combined-phones-homepageAplikasi Android sudah diluncurkan pada bulan April tahun ini. Bersamaan dengan tersedianya sistem operasi Apple iOS 7 sejak minggu lalu, perusahaan startup ini meluncurkan aplikasi versi 2.0 dengan tambahan beberapa fitur baru. Versi terbaru untuk iOS diluncurkan pada tanggal 26 September dan membutuhkan kapasitas 7.5 MB.

Untuk menunjang pendapatan perusahaan, startup ini memakai bisnis model freemium dan menyediakan beberapa opsi dalam bentuk paket dengan harga yang berbeda. Paket gratis ‘sekali pakai’ dengan masa uji-coba selama 7 hari, pengguna dapat memakai nomor telepon untuk menerima dan merekam suara sebanyak 5 kali atau mengirim 15 teks SMS. Opsi kedua dikenal dengan paket mini, nomor telepon samaran dapat dipakai selama 14 hari untuk menerima dan merekam suara 20 kali atau mengirim 60 teks (paket ini menghabiskan 3 kredit seharga $1.99 atau 25 ribu Rupiah). Opsi selanjutnya termasuk paket standar (30 hari, 50 kali suara atau 150 teks), paket besar (30 hari, 90 kali suara atau 270 teks), dan jangka panjang (60 hari, 75 kali suara atau 225 teks).

Burner baru-baru ini dipilih oleh majalah berita mingguan terkemuka TIME sebagai top 50 aplikasi untuk tahun 2013. Aplikasi ini diciptakan oleh perusahaan Ad Hoc Labs, Inc. yang berbasis di kota Los Angeles, California. Startup ini didirikan pada bulan Januari 2012 oleh Greg Cohn yang pernah bekerja di Yahoo! dan Will Carter yang pernah bekerja sebagai tenaga ahli di Nokia. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan awal sejumlah $2 juta dollar yang dipimpin oleh kelompok investor Founder Collective dan Venrock.

(Images: top right, Burner logo; middle left, Burner app on iPhone and Android, via homepage)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] memberikan nomor telepon asli, tetapi memakai nomor telepon samaran seperti menggunakan layanan Burner. Untuk menghindari kecemasan, pemilik rumah sebaiknya mengajak teman untuk bergabung dan tidur […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s