Advertisements

Pengiriman perangkat diperkirakan mencapai 2,4 miliar unit pada 2014, penjualan tablet akan melampaui PC pada 2015

Adopsi penggunaan perangkat komputer PC (desktop, laptop), tablet, dan ponsel pintar terus berjalan seiring dengan tahap-demi-tahap jumlah pemakaian, dari pengguna awal sampai pengguna generasi berikutnya. Dengan melihat perubahan perilaku pengguna terhadap pemakaian perangkat, maka hal ini mempengaruhi perkembangan industry komputer dan penjualan komputer di seluruh dunia.

Perusahaan riset terkemuka Gartner, Inc. memperkirakan bahwa gabungan penjualan perangkat komputer, tablet dan ponsel pintar di seluruh dunia diperkirakan akan menembus 2,4 miliar unit pada tahun 2014, dibandingkan dengan jumlah total 2,3 miliar unit pada tahun 2013. Selanjutnya, Gartner memperkirakan gabungan penjualan perangkat akan mencapai 2,6 miliar unit pada tahun 2015.

Industry perangkat secara keseluruhan mengalami pergeseran, dari kelompok pengguna yang biasanya tergantung pada komputer PC, berpindah ke perangkat tablet dalam waktu dua tahun terakhir ini. Contoh perangkat tablet seperti Apple iPad, Samsung Galaxy Tab, Microsoft Surface, dan Kindle Fire. Penurunan bertahap pemakaian komputer PC, dipengaruhi oleh semakin meningkatnya inovasi teknologi seluler, sehingga pengguna dapat mengakses tablet dan ponsel pintar di mana saja.

Gartner memprediksi penjualan tablet akan mencapai 256 juta unit pada tahun 2014, dibandingkan PC dengan 308 juta unit tahun ini. Penjualan tablet akan melampaui penjualan PC pada tahun 2015, dimana penjualan tablet menembus 321 juta unit, sedangkan penjualan PC hanya mencapai sekitar 317 juta unit.

Untuk tetap bersaing di pasar, penjualan PC akan didorong oleh penggantian perangkat lama yang dijalankan dengan system operasi Windows XP. Sayangnya, ketika Microsoft meluncurkan system operasi Windows 8, banyak terjadi kekacauan di pasar, karena pengguna tidak terbiasa dengan cara kerja Windows 8. Malah banyak pembeli PC cenderung memilih komputer yang dijalankan dengan system operasi Windows 7. Pada saat yang bersamaan bermunculan perangkat laptop yang dijalankan dengan system operasi Google Chrome, yang cukup membingungkan pembeli komputer untuk memilih PC yang tepat.

Belakangan ini pabrik komputer mulai meluncurkan perangkat hibrida gabungan laptop dan tablet, seperti Microsoft Surface dan Lenovo Yoga. Pembauran antara PC dan tablet akan terus berlanjut, seperti yang sedang terjadi dengan produk baru yang dikenal sebagai Surface Pro generasi ke-tiga. Produk ini sangat populer di pasar pada musim panas tahun 2014 ini. Pengguna mulai menikmati perangkat yang ringan, dengan layar yang besar dan memiliki fungsi superior. Perangkat Surface Pro berfungsi ganda, gabungan PC dan tablet, juga sangat mudah dipasangi keyboard, ketika pengguna ingin mengetik sesuatu tanpa harus menyentuh layar.

Worldwide-PC-Tablet-Smartphone-Shipments-2013-2014-2015-Gartner-June-2014

(Image: bottom, Worldwide Device Shipments by Segment, Gartner, June 2014)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s