Quid: menggunakan kecerdasan buatan untuk melakukan analisis dan mempercepat penelitian, supaya menghasilkan wawasan

Para eksekutif perusahaan besar biasanya tidak sabar menunggu jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan peluncuran produk baru. Pemasar, perencana produk, maupun bagian penjualan ingin segera memahami gerakan konsumen terhadap produk dan fitur. Kadangkala untuk mendapatkan jawaban, dibutuhkan penelitian yang memakan waktu berminggu-minggu atau malah bulanan.

Quid memberikan kemudahan untuk melakukan analisis dan mempercepat penelitian, sehingga dapat menghasilkan wawasan bagi pemimpin perusahaan untuk segera mengambil keputusan. Quid mengandalkan kecerdasan buatan dengan merangkum ribuan penulisan dari para pengamat, blog post, dan ulasan dari pakar, lewat media tradisionil maupun media sosial. Proses ini kemudian menghasilkan wawasan dalam bentuk visual dan hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat.

Di samping mengambil data dari artikel berita, Quid juga melakukan pendataan terhadap surat pengajuan bisnis dan aplikasi hak paten, supaya segera mendeteksi pola perusahaan saingan dan sekaligus menemukan wawasan. Quid sangat cocok sebagai alat penelitian bagi para pemasar, pemimpin yang mengatur strategi merek, perencana yang melakukan pengembangan inovasi produk, dan lainnya.

Quid pertama kali meluncurkan platform berbasis web pada bulan Januari 2014. Sejak itu sudah ada 80 perusahaan besar dan terkemuka menjadi pelanggan tetap. Bidang usaha para pelanggan mencakup perusahaan teknologi, manajemen konsultan, media, dan lainnya. Daftar pelanggan seperti Hyundai, Microsoft, dan Boston Consulting Group.

Quid didirikan di San Francisco pada tahun 2010. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran ke-empat (Seri D) sejumlah $39 juta dollar yang dipimpin oleh Liberty Interactive Corporation, dan didukung oleh ARTIS Ventures, Buchanan Investments, Subtraction Capital, Tiger Partners, dan beberapa investor yang bersifat pribadi. Sejak didirikan sudah mengumpulkan modal kerja sejumlah $60 juta dollar.

Quid-homepage

(Image: bottom, Quid homepage)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s