Advertisements

Nilai tambah untuk pemasar dan analis web: Google Analytics meluncurkan laporan khusus mengukur aktivitas dan kelebihan media sosial terhadap laba atas investasi (ROI)

Media dan jaringan sosial semakin populer untuk menarik pengunjung website dan memperkenalkan website dengan mudah ke seluruh dunia tetapi untuk kesinambungannya diperlukan tenaga ahli dan investasi yang tidak murah. Media sosial termasuk Facebook, Twitter, LinkedIn, Google Plus, dan lain-lain. Bagi pemasar seringkali masih meraba-raba apa saja kelebihan media sosial terhadap laba atas investasi (ROI).

Ada berbagai cara untuk mengukur nilai media sosial yang sederhana tetapi belum ditemukan formula yang tepat untuk setiap industri maupun jenis website.  Tidak berarti investasi waktu dan tenaga di media sosial untuk website satu bisa dikopi langsung ke website lainnya. Kadangkala memakai media sosial tidak berarti akan berhasil membawa pengunjung lebih banyak ke website untuk berbelanja atau menkonversi pengunjung website menjadi pembeli yang loyal.

Media sosial ibarat corong yang besar dan membawa pembeli terus mengalir masuk untuk berbelanja.  Untuk pemasar dan analis web yang sudah berpengalaman, maka dengan mudah mengerti saluran sosial yang mana saja yang akan membawa pembeli sehingga bisa memasang strategi dan taktik yang tepat dalam mengembangkan bisnis online.

Karena keterbatasan alat pengukur yang ada hari ini, maka Google Analytics meluncurkan laporan khusus untuk memahami apa saja yang sebenarnya terjadi di antara aktivitas dan kelebihan media dan jaringan sosial terhadap website atau sebaliknya bisa juga media sosial akan membunuh website tertentu karena salah menggunakannya.  Pemilik website bisa mengerti lalu lintas yang datang ke website dan bagaimana sosial membantu konversi untuk jangka pendek atau melihat gejolak media sosial dalam konversi untuk jangka panjang.

Nilai tambah untuk pemasar dan analis web, laporan baru dari Google Analytics akan membantu profesional untuk memperluas metrik bisnis sehingga dengan mudah melihat indikator sosial media dan bisa memakai data sosial untuk mengambil keputusan dan menghitung laba atas investasi (ROI).

Google Analytics laporan khusus media sosial terbagi atas beberapa diagram antara lain: (a) laporan singkat untuk melihat efektivitas sosial terhadap konversi, (b) laporan khusus untuk setiap saluran sosial, (c) laporan sumber sosial untuk melihat pengunjung website datang dari sumber yang mana dan bagaimana perilaku mereka, (d) laporan untuk mengerti konten website sendiri yang bisa mempengaruhi  website lain, (e) laporan kegiatan apa saja yang terjadi di luar website kita.

(Image: Google Analytics Social Media)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s