Advertisements

Blurtopia: aplikasi yang memungkinkan pengguna ponsel pintar yang kecanduan menerima umpan balik, menerimanya secara instan dari khalayak ramai atau dari segelintir teman-teman dekat didalam satu komunitas

Kita sering panik ketika ada janji untuk bertemu seseorang untuk pertama kalinya. Kita mencoba mengganti baju dan memakai sepatu berkali-kali, tapi masih belum juga menemukan pakaian yang serasi untuk acara tatap muka yang sangat penting ini. Demikian juga ketika sedang shopping dan mencoba pakaian di ruang ganti di toko baju, kita juga ingin meminta umpan balik dari teman-teman dekat untuk memutuskan baju yang mana yang harus dibeli. Terus kita mengirim pesan instan lewat BBM, tweet atau messenger chatting, tapi kadang seseorang yang diharapkan untuk memberi nasihat tidak segera menanggapi pesan kita.

Blurtopia adalah sebuah aplikasi yang memberikan kemudahan kepada pengguna untuk meminta tanggapan, mengajukan pertanyaan, dan menerima umpan balik seketika. Tanggapan dan umpan balik berasal dari khalayak ramai, dari sebuah komunitas, atau dari segelintir teman-teman dekat, yang menggunakan ponsel pintar. Blurtopia diambil dari kata “blurt” yang artinya mengucapkan atau mengeluarkan sesuatu dengan tiba-tiba. Kebutuhan untuk menerima umpan balik bisa membuat pengguna ponsel pintar menjadi kecanduan apalagi menunggu orang lain menanggapi pertanyaan kita. Sebuah jaringan komunitas bisa dibangun dengan pengguna-pengguna lainnya untuk berpartisipasi dalam suatu percakapan, yang memiliki hobi atau status yang sama, misalnya “pecinta minuman anggur,” “pecinta warna pink,” “pecinta mobil hybrid,” dan lain sebagainya.

Perusahaan startup Blurtopia berbasis di kota San Diego, terletak di selatan kota Los Angeles, menyediakan aplikasi untuk pengguna perangkat mobile khususnya Apple iOS (iPhone, iPad, iPod). Peluncuran aplikasi ini sempat di tunda sambil menunggu iOS versi 6 dan iPhone 5 yang dirilis pada minggu ke-tiga bulan September 2012. Aplikasi versis 1.0 diluncurkan pada tanggal 4 Oktober, 2012 minggu ini. Aplikasi umpan balik ini memberikan tiga opsi bagi pengguna yang meminta umpan balik melalui fitur yang dinamakan “blurts.” Opsi satu, setiap orang yang memberikan tanggapan akan disodori pilihan jempol keatas atas (artinya bagus, setuju) atau jempol kebawah (artinya jelek, tidak setuju). Opsi dua, penilaian dengan menggunakan skala rating satu sampai lima (angka “satu” artinya kurang oke, sedangkan angka “lima” artinya oke banget). Opsi ketiga, diberi dua pilihan yang “ini” atau yang “itu.”

Blurtopia bukanlah penemu ide untuk menciptakan mesin umpan balik, aplikasi Blurtopia bersaing ketat dengan penyedia lainnya, termasuk Thumb yang juga menyediakan aplikasi yang meminta umpan balik dari massa. Keunikan untuk melontarkan pertanyaan kepada khalayak ramai merupakan opsi yang lebih popular daripada meminta umpan balik dari sekelompok teman atau sekelompok pengguna didalam satu komunitas, tetapi Blurtopia merasa umpan balik teman-teman jauh lebih sreg. Keunggulan Blurtopia terletak di inovasi sistem penandaan (tagging) yang memudahkan pengguna mencari jawaban dari semua pertanyaan yang pernah diajukan ke sistem ini. Keunikan sistem penandaan ini memberikan kemudahan mencari jawaban berdasarkan topik tertentu, atau berdasarkan tema-tema, dan dari teman-teman yang memiliki minat dan hobi yang sama.

(Images: top, Blurtopia iOS app logo; middle, Blurtopia iOS app screenshots; click here to watch a video demo)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s