Chirpify: inovasi sosial commerce yang memungkinkan konsumen dan pelaku bisnis melakukan transaksi e-commerce lewat Tweet, termasuk menjual, membeli, membayar, dan menyumbang dengan akun Twitter

Banyak pengguna Twitter memanfaatkan kemudahaan jaringan sosial ini mengirim perintah sederhana dalam bentuk Tweet kepada pengikutnya dan berseru “ayo beli,” “ayo sumbang,” dan lain sebagainya. Untuk menuruti perintah tsb dan melakukan transaksi semacam itu, pengguna Twitter masih menghadapi beberapa langkah untuk menggesekan kartu kredit mereka atau mengirim bayaran sebelum berhasil membeli dan membayar.

Perusahaan startup Chirpify mencoba untuk menghapus semua ganjalan yang terjadi di sistem pembayaran tradisional dan menyederhanakan tata-cara jual-beli di era sosial commerce. Chirpify menciptakan inovasi platform yang mengubah perintah Tweet menjadi satu bentuk transaksi. Chirpify membutuhkan perintah sederhana melalui kiriman Tweet seperti “membeli”, “membayar” dan “menyumbang.”

Salah satu keunggulan yang membuat Chirpify suatu platform yang kuat dan inovatif karena memudahkan pelaku bisnis mengumpulkan pembayaran dari pengguna dan pengikut Twitter secara instan. Pelaku bisnis akan melihat potensi untuk mengubah pengikut Twitter menjadi pelanggan. Keunikan Chirpify ini merupakan cara baru menilai seberapakah nilai dalam bentuk uang untuk setiap pengikut Twitter.

Platform Chirpify sudah sudah dipakai oleh beberapa perusahaan besar di Amerika. Demikian juga sudah diadopsi oleh usaha bisnis kecil, individual (musisi), maupun yayasan sosial yang meminta sumbangan dari pengguna Twitter. Cara kerjanya sangat mudah, pemilik toko, usaha kecil, dan pemain musik yang ingin menawarkan produk mereka dengan mengirim perintah Tweet. Para pengikut yang membaca posting dan bersedia membeli, terus membalas posting Tweet dengan kata “beli” atau “sumbang.” Chirpify bermitra dengan PayPal sebagai alat pembayaran online. Kerja sama ini menghasilkan pemasukan keuangan untuk Chirpify dengan mengambil komisi pembayaran sebesar 4%.

Chirpify berbasis di kota Portland, di negara bagian Oregon, di pantai barat Amerika. Bulan April 2012 lalu menerima modal ventura putaran pertama (Seri A) sebesar $1.3 juta dollar, yang didukung oleh pemodal terkenal Voyager Capital dan pemodal pribadi termasuk Geoff Entress, Andy Liu (BuddyTV), Rudy Gadre (Facebook), dan Ryan Holmes (HootSuite).

Untuk langkah selanjutnya, startup ini sedang menggalang kerjasama dengan penyedia kartu kredit dan beberapa bank supaya bisa menghubungkan rekening debit dari pengguna Twitter dengan platform Chirpify.

(Images: top, Chirpify logo; middle, Chirpify’s homepage showing Green Day tweet)

Trackbacks

  1. […] Dalam waktu tiga tahun terakhir ini, sudah ada beberapa startup yang didirikan di kota ini, seperti Chirpify, Janrain, dan Little Bird. Hebatnya, startup- startup tsb. sudah menerima pendanaan untuk modal […]

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: