Advertisements

Pathjoy: menawarkan pembantu untuk membersihkan rumah atau apartemen dengan kemudahan memesan lewat situs web dengan harga terjangkau ($20 per jam)

Ada berbagai dimensi bisnis untuk mewujudkan ide yang masuk akal ketika seseorang atau satu tim kerja mendirikan perusahaan startup di dunia teknologi. Untuk orang awam, mungkin agak ragu-ragu juga menyatakan kalau usaha kecil yang menawarkan pembantu untuk membersihkan rumah atau apartemen boleh disebut sebagai perusahaan startup, karena sebagian besar cara kerja dan cara operasinya sama sekali tidak ada hubungannya dengan inovasi teknologi. Akan tetapi, yang patut dihargai adalah ide dan teknik pemesanan yang dilakukan melalui situs web atau lewat perangkat mobile (ponsel atau tablet). Dengan memanfaatkan teknologi untuk memudahkan setiap orang melakukan pemesanan online, ini sudah cukup memberikan andil besar, sehingga usaha kecil yang hanya menawarkan jasa pembantu bisa berkembang dari usaha startup menjadi bisnis besar yang mengkaryakan banyak orang.

Ide mula-mula terlihat sangat sederhana untuk menyediakan pembantu rumah tangga, kemudian ide ini dikembangkan oleh dua bersaudara dengan gelar insinyur teknik perangkat lunak (software engineer), Adora Cheung dan Aaron Cheung. Keduanya mendirikan startup yang dinamakan Pathjoy di kota Mountain View (dekat markas Google), di kawasan Silicon Valley, negara bagian California. Pendanaan awal didukung oleh beberapa investor termasuk dari kelompok Y Combinator, First Round Capital dan 500 Startups.

Tujuan Pathjoy untuk memudahkan pemilik rumah atau penyewa apartemen memesan pembantu untuk membersihkan tempat tinggal mereka. Startup ini berprinsip bahwa kebutuhan kebersihan rumah bukan hanya milik orang kaya, tapi orang biasa pun bisa merasakan layanan istimewa dengan harga terjangkau. Daya jualnya cukup dengan membanting harga yaitu $20 per jam, versus upah buruh di California minimal $8 per jam.  Kalau dibandingkan dengan harga standar untuk menyewa perusahaan yang menyediakan jasa pembersih rumah sekitar $40 per jam. Jadi pendiri perusahaan ini berpikir bahwa selama masih ada orang yang membutuhkan pekerjaan di masa resesi ekonomi, kenapa tidak menyediakan layanan yang menyenangkan hati bagi banyak orang.  Lagipula pegawai masih menerima bayaran lebih tinggi dari upah minimal (belum termasuk tip).

Selain menjadikan ongkos kerja lebih murah sebagai daya tarik bagi perusahaan startup ini, Pathjoy memiliki beberapa keunggulan dari segi teknik. Situs web ini memudahkan pemilik rumah/apartemen untuk memesan, memutuskan jadwal kerja kapan saja, membatalkan, dan menjadwal ulang, semuanya dilakukan dengan klik atau tap ke situs web dengan tanpa harus menelepon. Untuk menjaga keamanan dan keselamatan pemilik rumah, Pathjoy mengharuskan pegawai memiliki kelakuan baik dengan melakukan pemeriksaan dan wawancara sebelum diterima sebagai pegawai. Pathjoy juga menyediakan latihan untuk semua pegawai baru supaya memberikan layanan berkualitas tinggi dan memberi jaminan kebersihan yang memuaskan bagi semua langganan.

(Images: screenshot Pathjoy homepage and booking page)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] Layanan on-demand dan instan dengan mengandalkan situs web dan ponsel pintar, mengalami pertumbuhan pesat di kota-kota besar di Amerika, seperti yang terjadi di kota San Francisco, New York City, Seattle, Los Angeles, dan lain sebagainya. Layanan instan yang sudah pernah di ulas di situs web ini termasuk layanan mencuci mobil (Cherry), layanan menjaga anak (UrbanSitter), layanan pengangkutan dalam kota (Sidecar), layanan ganti oli mobil (YourMechanic), dan layanan pembersihan rumah di Silicon Valley (Pathjoy). […]

  2. […] mencuci baju digabungkan dengan binatu Washio, dan tugas membersihkan rumah dihubungkan dengan Homejoy (sebelumnya di kenal sebagai […]

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s