Advertisements

Perbandingan demografi dan perilaku antara pengguna ponsel pintar dan tablet komputer: siapa saja, kapan, dan mengapa pengguna menggunakan perangkat mobile mereka?

Pada bulan September 2012 perusahaan peneliti Flurry Analytics menganalisis data dari 6 miliar sesi aplikasi yang dilakukan oleh 500 juta pengguna ponsel pintar (misalnya, Apple iPhone, Samsung Galaxy III) dan tablet komputer (misalnya, Apple iPad, Samsung Galaxy Tab, Google Nexus 7). Untuk mendulang data lebih dalam, Flurry bermitra dengan 80.000 perusahaan dan menjalin hubungan dengan 230.000 aplikasi dari seluruh dunia. Flurry mempersembahkan sebuah laporan singkat yang dipublikasikan awal minggu ini. Di dalam laporan ini Flurry memberikan perbandingan yang lengkap antara pengguna ponsel pintar dan tablet termasuk dari segi usia (tua/muda), jenis kelamin (pria/wanita), waktu pemakaian sehari (pagi/siang/malam), penggunaan kategori aplikasi (games/berita/sosial) dan metrik lainnya . Untuk menjaga privasi pengguna dalam hal perbandingan usia dan jenis kelamin, Flurry hanya mendulang data dari 30 juta pengguna yang bersedia untuk berbagi data demografi mereka.

Hasil penelitian Flurry menunjukkan bahwa pengguna ponsel pintar sedikit lebih muda daripada pengguna tablet. Usia rata-rata pengguna ponsel pintar adalah 30 tahun, dibandingkan usia rata-rata 34 tahun untuk pengguna tablet. Sekitar 72 persen pengguna ponsel pintar berusia 34 tahun ke bawah. Sedangkan 67 persen pengguna tablet berusia 25 tahun ke atas.

Kalau dilihat dari segi jenis kelamin, pria lebih suka menggunakan ponsel pintar daripada wanita. Hampir 56 persen pengguna ponsel pintar adalah pria, sementara hanya 44 persen pengguna ponsel pintar adalah wanita. Sedangkan untuk pengguna tablet, ternyata tidak ada perbedaan antara pria dan wanita. Flurry mengingatkan bahwa pria cenderung mengadopsi inovasi teknologi (seperti ponsel pintar) jauh lebih dini daripada kelompok pengguna wanita. Karena tidak ada perbedaan antara pria dan wanita dalam hal penggunaan tablet, maka Flurry menyakinkan bahwa masa depan akan semakin cerah untuk perusahaan yang ingin meraup pasar pengguna perangkat tablet.

Kapan kedua jenis perangkat mobile digunakan? Hasil penelitian Flurry menunjukkan bahwa kedua jenis perangkat ini menanjak penggunaannya setelah pemilik perangkat pulang kerja dari kantor antara jam 7 malam sampai jam 10 malam atau dikenal dengan istilah “prime time.” Perbedaannya terletak di tablet karena penggunaannya terjadi lonjakan lebih tinggi pada saat “prime time” daripada ponsel pintar. Disini dapat disimpulkan bahwa penggunaan tablet sudah mengambil porsi waktu yang biasanya disediakan untuk menonton TV pada malam hari. Dengan kata lain, tablet memiliki peluang sebagai pengganti TV pada jam-jam “prime time” daripada ponsel pintar, sehingga perusahaan penyedia perangkat mobile dan pengembang aplikasi mobile sudah selayaknya memikirkan cara untuk meraup pasar diruang keluarga.

Mengapa pengguna menggunakan perangkat mobile mereka? Banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh kedua jenis perangkat mobile ini. Hampir semua pengguna tablet menghabiskan waktu menggunakan perangkat mereka untuk media dan hiburan, yang mencakup aplikasi untuk games, berita, dan aplikasi hiburan lainnya. Mayoritas waktu atau sekitar 67 persen dari pengguna tablet dipakai untuk aplikasi games. Hampir 50 persen pengguna ponsel pintar memakai perangkat mereka untuk melakukan aktivitas berkomunikasi dan menjalankan tugas-tugas sehari-hari, yang mencakup aplikasi untuk mengakses jejaring sosial (Facebook, Twitter), utilitas, kesehatan, kecantikan, kebugaran, dan gaya hidup. Sedangkan waktu yang dihabiskan untuk aplikasi games bagi pemakai ponsel pintar jauh lebih sedikit dibandingkan pengguna tablet dan hanya mencapai 39 persen.

(Images: top, Flurry Analytics logo; middle, comparing Apple iPhone 5, iPad Mini & New iPad; bottom, chart by Flurry showing smartphones versus tablets by age distribution)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s