Advertisements

Good-bye Magento Go: platform e-commerce terkemuka untuk usaha kecil dan pengecer online akan segera tutup toko

Perusahaan lelang terkemuka didunia eBay rupanya tidak mampu mengelola divisi perangkat lunak yang menawarkan platform untuk membangun toko online, termasuk Magento Go dan ProStores. Minggu ini eBay memutuskan untuk mengambil langkah penting dengan mematikan produk ini. Pemilik toko online yang sudah bertahun-tahun mengandalkan platform tsb. harus segera mencari penyedia baru. Platform Magento Go dan ProStores akan di tutup pada tanggal 1 Februari 2015.

Magento-eBayBanyak usaha kecil, pengecer, dan pedagang menggunakan Magento Go dan ProStores untuk membangun toko online dengan mudah. Platform ini bertindak seolah-olah seperti etalase, karena pedagang tidak perlu belajar komputer coding, karena barang-barang yang mau dijual cukup difoto, diberi harga, dipajang, dan segera dapat dijual online. Keunggulan platform ini karena mendukung integrasi yang erat dengan alat pembayaran online PayPal. Selain itu pemilik toko mencari kemudahan karena platform ini terhubung dengan mesin lelang eBay, maka akan lebih mudah menjual barang-barang mereka.

Magento termasuk sangat cermat memilih tanggal 1 Februari 2015 sebagai hari terakhir untuk menyediakan platform e-commerce. Tindakan ini akan membantu sekitar 10.000 pemilik toko untuk mencapai sasaran perdagangan menjelang musim belanja terbesar akhir tahun ini, ketika orang Amerika menyongsong hari Thanksgiving dan hari Natal. Namun, pengguna Magento yang sudah terlanjur kecewa, dapat segera melakukan persiapan untuk bermigrasi selama musim panas ini. Untuk membantu pedagang memindahkan toko, eBay menjalin kemitraan dengan BigCommerce. Perusahaan saingan ini sangat berpengalaman membantu pengguna Magento melakukan transisi ke platform e-commerce lain.

Pengguna Magento Enterprise Edition dan Magento Community Edition tidak perlu khawatir karena penutupan Magento Go tidak akan mengganggu platform khusus pedagang besar. Banyak perusahaan besar dengan penjualan jutaan dollar, seperti Samsung, memakai platform Magento Enterprise Edition yang memiliki fleksibilitas untuk menggabungkan komputer coding dari situs web, mobile web, dan aplikasi. Walaupun belum ada dampak negatif terhadap pengguna dari kalangan perusahaan besar, akan tetapi akan lebih bijaksana untuk memikirkan persiapan transisi dan mencari platform alternatif, seperti Shopify e-commerce yang sedang naik daun saat ini.

(Image: middle right, Magento logo via Facebook)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s