Advertisements

iXpand: menggunakan inovasi USB flash drive untuk mentransfer foto dan video antara iPhone, iPad, komputer laptop

SanDisk-iXpand-productSalah satu kelemahan yang dihadapi perangkat buatan perusahaan raksasa Apple (iPhone, iPad) adalah keterbatasan kapasitas penyimpanan. Dibandingkan perangkat buatan Samsung yang menyediakan sebuah slot untuk memasang flash drive, maka perangkat Apple seolah-olah memaksa pengguna memakai iCloud untuk mentransfer file, foto, dan video.

Minggu ini, SanDisk meluncurkan iXpand, sebuah USB flash drive yang dapat dipasang di iPhone dan iPad. Dengan mengandalkan inovasi teknologi USB flash drive, iXpand memudahkan pemilik perangkat buatan Apple untuk memindahkan file, foto dan video secara bolak-balik dari perangkat yang dijalankan dengan system operasi iOS ke perangkat komputer laptop yang dijalankan dengan system operasi Windows dan Mac. iXpand dilengkapi dua jenis konektor, USB dan Lightning.

Cara kerjanya, pengguna harus men-download aplikasi iXpand dari toko Apple App Store. Aplikasi iOS versi 1.0.7 dengan ukuran 42,6 MB diperbarui pada tanggal 13 November. Aplikasi ini tersedia dalam bahasa Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Korea, Perancis, Rusia, Tionghua, dan Spanyol.

Sandisk-iXpand-iPad-iPhone

Setelah men-download aplikasi, pengguna dapat melakukan transfer tanpa menggunakan akses Internet atau kabel, hanya cukup mencolokkan USB iXpand ke perangkat iPhone atau iPad. Kemudian pengguna boleh memilih untuk melakukan sinkronisasi file, foto dan video secara otomatis, antara berbagai perangkat Apple yang dimiliki, atau hanya antara sebuah laptop ke sebuah perangkat. Untuk menjaga privasi dan keamanan, SanDisk menggunakan teknologi enkripsi untuk menjamin file yang bersifat pribadi dan rahasia.

Untuk pemutaran video secara otomatis dari USB flash drive, maka iXpand mendukung format populer seperti .WMV, .AVI, .MKV, .MP4, dan .MOV.

iXpand flash drive tersedia dalam ukuran kapasitas disk-space dan harganya sebagai berikut, 16GB ($59.99), 32GB ($79.99), dan 64GB ($119.99). Flash drive ini hanya bisa dijalankan dengan system operasi Apple iOS 7 atau 8. Karena hanya tersedia untuk konektor Lightning, maka hanya bisa dicolokkan ke perangkat ponsel pintar versi iPhone 5, 5s, 5c, 6, dan 6 Plus. Sedangkan untuk Apple tablet, hanya bisa untuk iPad Air, Air 2, Mini, Mini 2, dan Mini 3.

(Images: top right, SanDisk iXpand flash drive; middle, iXpand Apple iOS App; bottom, click here to watch a video demo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s