Advertisements

Stipple: teknologi penandaan untuk foto, yang juga berfungsi sebagai jaringan iklan dan perdagangan gambar di Internet

stipple-logoPerusahaan yang menyediakan layanan dan aplikasi untuk mengambil foto semakin diincar oleh investor sejak Instagram diakuisi oleh jaringan sosial terbesar di dunia Facebook awal bulan April lalu dengan nilai transaksi yang mencapai $1 miliar dollar. Saking populernya Instagram, anak perusahaan Facebook ini malah sudah berani mengertak Twitter dan menghadang situs ‘burung biru’ menampilkan foto dari Instagram awal bulan Desember ini. Akibatnya Twitter akan segera meluncurkan aplikasi untuk mengambil foto milik sendiri dan menyediakan berbagai macam filter foto yang mirip dengan Instagram. Belum juga selesai mengikuti pertikaian antara Instagram dengan Twitter, pelopor mesin pencari Yahoo meluncurkan aplikasi Flickr untuk mengambil foto dan mendukung layanan situs memuat foto-foto yang sangat digemari oleh pecinta foto sebelum kita mengenal Instagram maupun Twitter.

Menjelang akhir minggu ini, sekelompok investor melirik penyedia layanan teknologi penandaan untuk foto yang dikenal dengan Stipple. Startup yang berbasis di kota San Francisco menyediakan layanan perdagangan foto dan berfungsi sebagai jaringan iklan dalam bentuk gambar, berhasil menerima $3 juta dollar dalam bentuk modal ventura dari Sands Capital. Sebelumnya startup ini sudah menerima pendanaan sejumlah $7 juta dollar dari raksasa pemodal ventura Kleiner Perkins yang sangat disegani di Silicon Valley.

Cara kerja Stipple yaitu setiap gambar dibubuhi dengan titik penandaan (tag) sehingga foto lebih mudah diidentifikasikan. Sehingga setiap kali foto yang sudah diberi tanda dan kemudian muncul di Internet, maka si pemilik gambar (alias si pemotret atau si penerbit) akan menerima bayaran loyalty. Stipple juga menciptakan teknologi penandaan yang digabungkan dengan fungsi perdagangan dengan tambahan link dan pop-up (yang berisi informasi tentang barang atau jasa). Dengan teknologi ini ketika pengguna web melihat foto barang (misalnya, sepatu, baju, dll), mereka akan tergiur untuk dibujuk ke toko online dan akhirnya akan berpotensi menciptakan transaksi pembelian produk yang disuguhkan dalam gambar tsb.

(Image: Stipple logo; click here to watch a video demo)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s