Advertisements

Cohealo: membantu rumah sakit mengelola dan memaksimalkan penggunaan peralatan medis di semua fasilitas dan lokasi

Cohealo-truckIde bisnis ini bermula dari hasil pemantauan yang dilakukan oleh pendiri startup ini bernama Mark Slaughter ketika bekerja sebagai salesman peralatan bedah yang ditawarkan ke rumah sakit di negara bagian Florida, di pantai timur Amerika. Ketika itu Slaughter melihat banyak peralatan medis di rumah sakit yang bukan untuk Unit Gawat Darurat (UGD), selalu terbengkalai dan mengumpulkan debu di ruang penyimpanan.

Untuk membuktikan potensi bisnis model startup ini, Slaughter melakukan uji-coba dengan melacak satu peralatan yang harganya ratusan ribu dollar di rumah sakit Florida selama enam bulan, dan menemukan bahwa 75 persen dari waktu pemakaian peralatan tsb hanya tergeletak di lorong kamar dan tidak digunakan untuk merawat pasien. Setelah melihat potensi bisnis ini, Slaughter memutuskan untuk mendirikan perusahaan startup Cohealo pada awal tahun 2012.

Cohealo mengandalkan perangkat lunak berbasis teknologi cloud (awan) yang juga dikenal dengan istilah SaaS (Software-as-a-Service) untuk mengelola jaringan logistik di rumah sakit. Tujuan utama startup ini adalah memaksimalkan penggunaan peralatan medis di semua fasilitas dan lokasi di suatu jaringan rumah sakit, atau menyewakan peralatan yang tidak dipergunakan ke rumah sakit yang berada di dalam jaringan yang membutuhkan peralatan tsb. Untuk melakukan tugas ini, Cohealo menginventori semua aset (termasuk, peralatan yang sangat mahal) dan menginformasikan seluruh jaringan rumah sakit tentang jadwal waktu untuk memindahkan peralatan-peralatan medis antara beberapa lokasi.

Cohealo memiliki bisnis model yang sangat cemerlang untuk kondisi perekonomian hari ini, karena tujuannya untuk meringankan biaya kesehatan yang terus melambung di Amerika. Dengan memanfaatkan layanan Cohealo, maka rumah sakit bisa belajar memangkas biaya operasi. Apalagi dengan berbagai undang-undang baru yang diprakarsai oleh pemerintahan presiden Obama untuk menjamin tersedianya perawatan kesehatan bagi semua warga Amerika.

Startup Cohealo bermarkas di kota Boca Raton, Florida, dengan kantor cabang di kota Costa Mesa yang terletak di selatan kota Los Angeles. Menjelang akhir bulan September 2013, Cohealo mengumumkan sudah menerima pendanaan benih yang didukung oleh kelompok investor Romulus Capital yang berbasis di kota New York City. Sejak didirikan startup ini diperkirakan sudah mengumpulkan modal sejumlah $1,5 juta dollar.

Cohealo-homepage-screenshot

(Images: top left, Cohealo truck; bottom, Cohealo homepage screeshot)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s