Advertisements

iTunes U: memudahkan guru menyiapkan, mengedit, mengelola kursus langsung pada iPad, dan mendorong diskusi di kelas

Apple terus berusaha menjadikan perangkat tablet iPad sebagai produk pilihan bagi dunia pendidikan. Perusahaan gadget terbesar di dunia ini memiliki jumlah pengguna iPad yang sangat signifikan di seluruh dunia, terutama di lingkungan sekolah. Untuk mendukung sebuah ekosistem yang kuat, Apple memperbarui iTunes U dalam rangka menyambut tahun ajaran baru yang akan di mulai bulan Agustus.

iTunes U memudahkan guru membuat, mengedit, dan mengelola kelas-kelas secara langsung dari iPad. Hal ini memudahkan guru mengintegrasikan semua konten ke dalam ke ruang kelas, termasuk menggabungkan perpustakaan buku pelajaran (e-book), foto, gambar, video, dan 75.000 aplikasi pendidikan yang tersedia di Apple App Store. Kemudian guru dapat berbagi informasi dan bekerja sama dengan siswa di dalam kelas, sambil mendorong siswa melakukan diskusi dan mengajukan pertanyaan dengan menggunakan iPad.

Guru bertindak sebagai admin untuk setiap kelas dan menengahi setiap diskusi yang sedang berlangsung. Setiap murid yang terdaftar di kelas dapat memposting diskusi, sambil menunggu siswa lainnya ikut berpartisipasi membicarakan materi pelajaran yang terjadi di kelas. Ketika ada topik baru, murid juga secara otomatis menerima pemberitahuan dan pesan dari guru. Apabila ada posting yang kurang berkenan, guru dapat menghapus posting tsb.

Aplikasi iTunes U dengan fitur-fitur terbaru akan tersedia mulai pada tanggal 8 Juli. Peminat boleh men-download aplikasi ini secara cuma-cuma di toko Apple App Store.

Apple tidak memberikan penjelasan kenapa hanya mendukung guru-guru untuk menciptakan kelas multimedia di 69 negara. Setelah konten untuk sebuah kursus diciptakan, maka materi kelas tsb. dapat diakses di 155 negara.

Apple-iPad-compare-Air-Mini

(Image: bottom, Apple iPad compare)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s