Advertisements

Splittable: memudahkan beberapa penyewa apartemen yang serumah, untuk mengelola dan membagi tagihan dan biaya

Karena biaya sewa semakin tinggi, jutaan orang yang memilih tinggal di kota besar memutuskan untuk hidup berbagi apartemen dengan orang lain. Hidup bersama beberapa orang di satu apartemen sangat merepotkan, apalagi ketika akan melakukan pembayaran kecil setiap saat. Selain membingungkan, perhitungan membagi tagihan dan biaya sewa bulanan bisa menyebabkan perselisihan antar penghuni apartemen.

Splittable-device-groupSplittable mengembangkan aplikasi untuk perangkat iOS dan Android. Tujuan aplikasi ini untuk membantu beberapa penyewa apartemen yang serumah melacak pengeluaran, membagi tagihan dan mencatat penghuni yang sudah membayar untuk keperluan tertentu. Catatan pengeluaran termasuk biaya sewa, listrik, air, belanja di pasar, memesan pizza, dan acara makan bersama di luar.

Cara kerja aplikasi Splittable hampir mirip dengan aplikasi Cover yang diluncurkan pada musim panas tahun 2014. Kalau Cover membantu beberapa orang yang makan bersama di restoran dan kemudian membagi bon tagihan setelah selesai makan, maka aplikasi Splittable membantu penghuni membagi pengeluaran secara merata, sehingga setiap penghuni apartemen tidak merasa dirugikan.

Dengan fungsi matematika sederhana, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk merencanakan anggaran dan melacak keuangan. Penghuni tidak perlu lagi memakai perangkat lunak spreadsheet untuk melacak pengeluaran atau membuat catatan kecil di kertas tentang utang, dan kemudian ditempelkan di pintu kulkas untuk menagih penghuni lainnya.

Aplikasi untuk perangkat iOS versi 1.0.3 diperbarui pada tanggal 24 April 2015 dan membutuhkan kapasitas disk sebesar 5.2 MB. Sedangkan aplikasi Android diperbarui pada tanggal 16 April lalu.

Perusahaan startup ini berbasis di kota London, Inggris. Sampai hari ini masih belum mengungkapkan secara resmi mengenai pendanaan awal atau modal kerja.

(Images: middle left, Splittable device group)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s