Advertisements

Unacast: mempelajari perilaku pengunjung toko lewat sensor beacon, NFC dan WiFi, kemudian retarget secara online

Pemasar terus mencoba berbagai pendekatan untuk memperkenalkan produk dan jasa kepada calon pelanggan. Salah satu solusi yang sedang hangat dibicarakan adalah menawarkan produk kepada pengunjung secara online, setelah mengetahui bahwa calon pelanggan telah mengunjungi salah satu toko mereka di mall. Cara toko pengecer mengetahui aktivitas pengunjung biasanya melalui sensor atau dikenal sebagai beacon.

Beacon merupakan alat eletronik kecil yang dipasang di toko-toko modern. Contoh pemakaian beacon, ketika pengunjung toko berdiri di depan sebuah etalase yang memajang pembungkus ponsel dan tablet, tiba-tiba sebuah mesin kecil mengeluarkan kupon diskon atau memancarkan sinyal ke aplikasi ponsel pintar dan mengirimkan teks berisi penawaran istimewa kepada pengunjung toko. Penggunaan beacon banyak terjadi di toko Apple Store di Amerika.

Unacast-homepageUnacast mengembangkan inovasi sensor dan dapat mentransmisikan informasi melalui teknologi NFC dan WiFi yang sudah di pasang di toko-toko. Dengan izin dari toko, Unacast berkomunikasi dengan pengunjung toko, kemudian mengirimkan kupon diskon untuk berbagai produk yang sedang dipromosikan.

Unacast mempelajari perilaku pengunjung toko dengan mendulang data yang dikumpulkan lewat ribuan beacon. Unacast dapat mengetahui pengunjung telah meninggalkan toko, daftar toko yang sudah dikunjungi, atau mereka kemudian kembali ke toko yang sama. Informasi yang relevan, kemudian dapat membantu toko pengecer melakukan pemasaran retarget pelanggan secara online.

Inovasi teknologi beacon dari Unacast masih menghadapi berbagai masalah privasi. Untuk menanggulangi masalah privasi, Unacast hanya menyimpan informasi pengguna secara anonim. Startup ini bermitra dengan toko-toko yang menyediakan aplikasi yang mengutamakan privasi pelanggan, termasuk memastikan bahwa pengguna aplikasi sudah menyetujui pelacakan ketika men-download aplikasi.

Unacast didirikan pada musim gugur tahun 2014 di Oslo, Norwegia, dengan kantor cabang di kota London. Minggu ini mengumumkan pendanaan modal benih sejumlah $1,6 juta dollar yang diberikan oleh beberapa investor yang bersifat pribadi.

(Image: top middle, Unacast homepage)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s