Advertisements

EyeEm: pasar dan komunitas berbagi fotografi berkualitas tinggi yang diambil lewat perangkat mobile (ponsel, tablet)

Eye-Em-app-iconTelepon genggam merupakan sebuah perangkat yang selalu hadir dalam kehidupan sehari-hari di jaman sekarang ini, sehingga saat ini sudah lahir suatu generasi baru fotografer yang selalu mengambil foto melalui perangkat mobile (ponsel, tablet). EyeEm membangun sebuah komunitas global bagi pecinta fotografi, memungkinkan fotografer berbagi foto berkualitas tinggi, sekaligus berfungsi sebagai pasar jual beli foto dan jasa memotret.

Eye-Em-iOS-appAplikasi EyeEm sudah diluncurkan untuk ponsel dan tablet yang dijalankan dengan sistem operasi Apple iOS (iPhone dan iPad) dan Google Android (Samsung Galaxy). Aplikasi iOS versi 3.5.1 diperbarui pada tanggal 16 Juli ini. Fotografer amatir ataupun profesional boleh memotret, memodifikasi, dan kemudian berbagi di komunitas. Aplikasi EyeEm tersedia dalam 20 macam bahasa, termasuk Bahasa Indonesia, Inggris, Arab, Belanda, Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Polandia, Portugis, Rusia, China, Spanyol, Thailand, Turki, Ukraina, dan Vietnam. Menurut siaran persnya, EyeEm mengalami pertumbuhan sangat pesat dengan lebih dari 1 juta pengguna yang men-download aplikasi ini setiap bulan.

Keunggulan EyeEm terletak pada kejelasan hak cipta yang dimiliki sepenuhnya oleh setiap fotografer. Keunggulan lainnya yaitu EyeEm juga menyediakan sebuah pasar bagi fotografer untuk menjual-belikan hasil karya mereka. Dengan pasar ini maka terciptalah usaha kecil dan memberikan pendapatan bagi tukang potret. Setiap pengguna boleh memasang merek mereka sebagai pedagang foto. Pemasar foto dan perusahaan boleh membeli langsung dari para fotografer, dimana penjual dan EyeEm berbagi hasil penjualan. Banyak perusahaan besar, seperti Lufthansa dan Redbull, memanfaatkan foto-foto yang dijual untuk kampanye pemasaran melalui jaringan sosial.

Eye-Em-welcome-devicesEyeEm berbasis di kota Berlin, Jerman. Startup ini mengumumkan pendanaan putaran pertama sejumlah $6 juta yang didukung oleh kelompok investor Earlybird Venture Capital yang berbasis di kota San Francisco. Sedangkan pendukung modal sebelumnya Wellington Partners dan Passion Capital juga ikut menambah modal kerja. Dana baru akan dipakai untuk meningkatkan ekspansi secara global.

(Images: top right, EyeEm app icon; middle, EyeEm iOS app; bottom, EyeEm devices via homepage)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s