Balluun: pasar grosir fashion menghubungkan perancang busana dan pengecer, mengurangi ketergantungan pameran dagang

Balluun-logoSebagian besar bisnis pembelian grosir fashion masih dilakukan dengan menghadiri pameran dagang dan mengikuti konferensi. Akan tetapi cara kerja seperti itu semakin mahal, makan waktu, dan tidak efisien. Malah kadangkala fashion yang dilihat di tempat pameran dagang sudah ketinggalan jaman ketika mencapai pasar.

Sekarang sudah hadir sebuah platform yang dinamakan Balluun dan bertindak sebagai pasar pembelian grosir fashion. Perusahaan pembuat pakaian dan perancang busana menempatkan koleksi mereka secara online, dimana pembeli (termasuk pemilik merek) bisa menelusuri semua yang dipamerkan secara digital dan mencari peluang bisnis.

Keunggulan platform ini terletak pada cara kerja modern dengan melakukan perdagangan dan pendekatan secara sosial, yang lebih dikenal sebagai social commerce. Pihak produsen garmen pakaian menyediakan staf di bagian pemasaran dan sales dengan memanfaatkan layanan dari jaringan sosial (seperti LinkedIn, Facebook) dan menjalin kemitraan dengan orang-orang yang mau diajak bekerja sama. Sedangkan dari pihak perancang, kelompok desainer ini menggunakan pasar untuk memamerkan hasil karya mereka sambil mencari saluran distribusi baru untuk meningkatkan penjualan dalam skala besar. Pembeli dan pemegang merek menggunakan platform untuk mempersingkat proses mencapai perusahaan pembuat pakaian, sehingga model pakaian yang diinginkan segera tersedia untuk dijual di toko mereka.

Balluun-devices

Platform Balluun dibangun sejak tahun 2009. Platform ini sekaligus bertindak sebagai ruang pamer dan pasar fashion online, yang selalu buka 24-jam dan memungkinkan melakukan transaksi setiap saat. Balluun berkantor pusat di negara Swiss dan memiliki kantor pengembangan teknologi di kota Foster City yang terletak di kawasan industri Silicon Valley. Minggu ini Balluun mengumumkan penerimaan dana tambahan putaran kedua (Seri B) sejumlah $8,7 juta dollar yang didukung oleh Finoris AG. Sebelumnya sudah menerima dana sekitar $3,8 juta pada putaran pertama (Seri A) yang berasal dari kelompok pemodal yang sama.

(Images: top right, Balluun logo via Facebook; middle, Balluun homepage devices)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s