Advertisements

MonkeyParking: memungkinkan pengemudi melelang tempat parkir milik kota di jalan utama, ke pengguna aplikasi lain

Kita sering berputar-putar di jalan utama untuk mencari tempat parkir meter di pinggir jalan yang dikelola oleh pemerintah kota, tetapi setelah berkeliling beberapa blok, kita belum tentu akan menemukan tempat parkir yang cocok dengan cepat. Kadangkala tersedia tempat parkir di gedung parkir yang tidak terawat dan jaraknya jauh dari pusat kota. Selain itu biaya parkir di pinggir jalan hanya berkisar $1 per jam, dibandingkan tempat parkir milik swasta di pusat kota San Francisco atau di kota Los Angeles berkisar $35 per hari.

MonkeyParking

Tujuan MonkeyParking ingin mencoba mengatasi kemacetan lalulintas di kota. Aplikasi untuk iOS memungkinkan pengemudi melelang tempat parkir milik pemerintah kota kepada pengguna aplikasi yang bersedia membayar komisi. Aplikasi ini memberikan keuntungan bagi setiap pihak karena dengan imbalan $5 sampai $20, pengemudi yang sedang parkir dan berkenan melepaskan tempat parkir mereka, atau memberitahu persediaan tempat parkir ketika mereka akan keluar dari tempat parkir.

Banyak pengamat teknologi meragukan apakah aplikasi ini sudah melanggar hukum lokal, karena pengemudi yang menjual tempat parkir kosong secara sengaja memanfaatkan properti milik pemerintah kota untuk keuntungan pribadi karena mendapat bayaran. Juga, sudah ada beberapa orang yang mengecam aplikasi ini karena menciptakan jurang yang memisahkan orang yang mampu dengan orang yang tidak mampu, karena orang berduit cenderung mengeluarkan uang ekstra untuk membayar segala sesuatu untuk mendapatkan yang terbaik.

Aplikasi MonkeyParking untuk pengguna iOS versi 3.0.4 diperbarui pada tanggal 8 Mei 2014 dan membutuhkan kapasitas disk-space sebesar 6.8 MB.

MonkeyParking berbasis di Italia dan sudah melakukan uji-coba di kota Roma. Saat ini meluncurkan aplikasi untuk membantu warga San Francisco menerima bayaran ekstra, karena setiap pengemudi dengan senang hati merelakan tempat parkir mereka diambil orang lain karena dibayar.

MonkeyParking-street-parking

(Images: top middle, MonkeyParker app; bottom, MonkeyParking app for San Francisco)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] kendaraan beroda empat menemukan tempat parkir idaman di pusat kota. Contoh-contoh startup seperti MonkeyParking, ParkMe, SpotHero, Parking Panda, QuickPay, PayByPhone, dan […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s