Advertisements

Jobandtalent: situs rekrutmen, mengevaluasi iklan kerja dan Curriculum Vitae untuk menemukan kandidat yang tepat

Job-and-Talent-logoIde mendirikan situs yang menyediakan daftar lowongan pekerjaan bukanlah sesuatu yang baru, seperti Monsters.com, CareerBuilder.com, dan lain sebagainya. Sayangnya situs rekrutmen yang ada di pasar masih bersifat umum dan hanya sekedar memasang iklan lowongan pekerjaan. Pengusaha yang ingin mencari karyawan masih harus menyeleksi semua resume (Curriculum Vitae) atau daftar riwayat hidup, yang dikirim oleh para pelamar.

Situs Jobandtalent dirancang untuk membantu pencari kerja menemukan lowongan pekerjaan yang sepadan dengan keahlian mereka. Situs ini mengandalkan teknologi cerdas dengan melakukan analisis linguistik untuk mengevaluasi iklan kerja, kemudian mencocokkan riwayat hidup pelamar untuk menemukan kandidat. Hal ini memudahkan pengusaha menyeleksi satu kelompok kandidat yang memenuhi syarat.

Job-and-Talent-app-Jobandtalent memiliki keunggulan dibandingkan dengan situs lowongan pekerjaan yang sudah ada di pasar, karena platform ini memberikan akurasi yang sangat tepat untuk menemukan kandidat yang cocok dengan pekerjaan yang ditawarkan, terutama untuk sektor teknologi. Untuk memudahkan pencari kerja menemukan kesempatan pekerjaan baru, Jobandtalent juga menyediakan aplikasi iOS dan Android.

Startup Jobandtalent didirikan pada tahun 2009 dan hanya berfokus di benua Eropa, dengan kantor cabang di Madrid dan London. Kemudian melakukan ekspansi ke Amerika awal tahun 2014 dan disambut baik oleh warga di negara adikuasa ini. Menurut sebuah blog post, layanan ini sudah mencakup 10 pasar dan berhasil memajang 2,5 juta lowongan pekerjaan dari seluruh dunia. Situs ini juga berhasil menerima pendaftaran 1,7 juta pendaftar dan mengalami pertumbuhan pesat sekitar 200.000 pendaftar baru setiap bulan. Pada tahun 2013 lalu, lebih dari 500 perusahaan terkemuka di dunia memakai layanan ini, demikian pula ada 1.500 usaha kecil dan menengah yang ikut berpartisipasi.

Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran pertama (Seri A) sejumlah $14 juta dollar yang diberikan oleh Qualitas Equity Partners, Kibo Ventures, Fundación José Manuel Entrecanales, dan didukung oleh beberapa investor perorangan. Pendanaan baru akan dipakai untuk memperluas pasar rekrutmen di Eropa, Amerika, dan Amerika Latin. Pada musim panas tahun 2013 lalu sudah menerima modal awal sejumlah $3,3 juta dollar dari investor Kibo Ventures. Sejak didirikan sudah mengumpulkan modal kerja sekitar $19 juta dollar.

(Images: top right, Jobandtalent logo; middle left, Jobandtalent image via Facebook)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s