Raja e-commerce menutup Amazon Local mulai tanggal 18 Desember 2015, termasuk penawaran diskon harian dan aplikasi

Saat ini sedang terjadi perubahan besar di dunia e-commerce. Pasar semakin lesu terhadap penawaran harga diskon harian. Malah perusahaan pelopor harga murah, Groupon, harus mem-PHK lebih dari 1.000 karyawan karena penggunaan kupon diskon semakin merosot. Sedangkan saingan Groupon yaitu LivingSocial juga melakukan PHK besar-besaran pada pertengahan bulan Oktober 2015.

Karena pasar penawaran diskon semakin terpuruk, maka raja e-commerce mengumumkan bahwa Amazon Local akan ditutup mulai tanggal 18 Desember 2015. Layanan penawaran diskon harian akan dihentikan di situs perdagangan online terkemuka ini. Demikian pula aplikasi ponsel juga akan ditutup pada hari yang sama, dimana pengguna baru tidak dapat men-download aplikasi.

Ketika diluncurkan pada tahun 2011, Amazon Local menjalin kemitraan dengan LivingSocial. Pada saat itu, dunia e-commerce sedang mengelu-elukan kepopuleran Groupon. Malah perusahaan startup Groupon menolak akuisisi yang mencapai $5 miliar dollar dari Google. Untungnya, raksasa mesin pencari tidak membuang uang membeli perusahaan itu.

Amazon menyediakan halaman khusus bagi pelanggan yang sudah terlanjur memberi voucher dan memohon pelanggan untuk segera menebusnya sebelum tanggal 18 Desember 2015. Demikian pula, raja e-commerce berbasis di kota Seattle ini menawarkan berbagai alternative bagi pelanggan yang tidak sempat menebus voucher mereka. Jangan heran, setelah menutup layanan penawaran diskon, Amazon akan mencoba cara baru untuk menempatkan penawaran harian di bagian lain di situs e-commerce terbesar di dunia ini.

Amazon-Local(Image: bottom, Amazon Local homepage screenshot)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s